9 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Membantu Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Mencegah Tekanan Darah Tinggi
memasak
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



  1. Mengelola stres

Melansir HealthShots, stres dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah temporer, dan stres kronis dapat menyebabkan hipertensi dari waktu ke waktu.

Coba lakukan teknik relaksasi seperti latihan pernapasan dalam, meditasi, atau yoga. Olahraga teratur, tidur berkualitas selama 7-9 jam, dan terus terhubung dengan orang lain juga dapat membantu mengelola tingkat stres.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hindari atau kurangi pemicu stres jika memungkinkan. Lakukan kegiatan perawatan diri seperti membaca, mendengarkan musik, atau menghabiskan waktu di alam.

  1. Batasi konsumsi alkohol

Membatasi asupan minuman beralkohol kurang dari satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas sehari untuk pria dapat membantu menurunkan tekanan darah. Minuman beralkohol juga bisa menurunkan efektivitas obat penurun tekanan darah.

  1. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan tekanan darah. Berhenti merokok dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan serta dapat memperpanjang usia hidup.

  1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup juga merupakan salah satu kebiasaan yang membantu mencegah hipertensi. Orang dewasa direkomendasikan untuk mendapatkan waktu tidur 7-9 jam untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Tidur yang cukup juga dapat membantu mengatur tekanan darah yang berfluktuasi.

  1. Periksa tekanan darah rutin

Penting untuk melakukan deteksi dini dengan rutin mengukur tekanan darah sebagai penanganan awal hipertensi. Setiap orang dewasa disarankan untuk mengecek tekanan darah secara berkala.

Tak perlu ke fasilitas kesehatan, pengukuran tekanan darah juga bisa dilakukan di rumah. Tekanan darah yang termonitor dan terkontrol dengan baik akan menjauhkan Anda dari risiko penyakit jantung dan stroke.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *