Kultum 109: Lakukan Terbaik, Berdoalah untuk yang Belum Bisa

Berdoalah untuk yang Belum Bisa
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Mereka justru berlapar-lapar dan mengikatkan batu di perut mereka dan menggali parit dengan sekuat tenaga. Di sinilah kemudian datang pertolongan Allah Subhanahu wata’ala. Nabi juga menggali terowongan, mengambil kapak dengan tangannya sendiri, mengikat batu di perutnya. Jika Nabi Yusuf ‘Alaihissalam tidak lari ke pintu meskipun pintu terkunci, pintu tidak akan dibukakan untuknya. Allah berfirman,

وَقَالَ يَٰبَنِىَّ لَا تَدْخُلُوا۟ مِنۢ بَابٍ وَٰحِدٍ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

وَٱدْخُلُوا۟ مِنْ أَبْوَٰبٍ مُّتَفَرِّقَةٍ ۖ وَمَآ أُغْنِى

عَنكُم مِّنَ ٱللَّهِ مِن شَىْءٍ ۖ إِنِ ٱلْحُكْمُ

إِلَّا لِلَّهِ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَعَلَيْهِ فَلْيَتَوَكَّلِ

ٱلْمُتَوَكِّلُونَ

Artinya:

Ya’qub berkata, “Hai anak-anakku, janganlah kamu (bersama-sama) masuk dari satu pintu gerbang, dan masuklah dari pintu-pintu gerbang yang berlain-lain. Meskipun demikian, aku tiada dapat melepaskan kamu barang sedikit pun dari pada (takdir) Allah. Keputusan menetapkan (sesuatu) hanyalah hak Allah, kepada-Nya lah aku bertawakal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakal, berserah diri (QS. Yusuf, ayat 67).

Sebagian besar dari kita sering menjadi lemah di hadapan nafsu kita dan tertipu Ahmad Idiris Adh.keberanian dan hanya melakukan apapun yang diperintahkan nafsu kita. Ketika nafsu kita memberi perintah untuk tidur selama 8 jam, kita malah tidur selama 9 jam. Jika kita berputus asa dan tidak melangkah mencari jalan, jalan itu dan tidak pernah kita temukan.

Marilah kia lihat sejarah betapa sulitnya Nabi Nuh dalam berdakwah. Nabi Nuh ‘Alaihissalam melakukan upaya tidak hanya satu atau dua hari tetapi selama 950 tahun untuk menyeru orang-orang menuju Islam. Bisa kita bayangkan bagaimana seorang Nabi Nuh mengajak umatnya dengan penuh perhatian dan kasih sayang kepada mereka tanpa putus asa. Dia tetap terus berusaha selama 950 tahun, waktu yang sangat lama dan pada akhirnya hanya sekitar 80 orang yang menerimanya.

Semoga sedikit yang kita baca ini membuat kita bersyukur atas hidayah Allah Subhanahu wata’ala, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idiris Adh.                                  

—ooOoo—

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *