Makanlah Hanya Makanan Yang dimasak dan dikukus Untuk Menurunkan Kolesterol, Dokter: Saya Tidak Merekomendasikannya

Makanan Yang Dimasak Dan Dikukus Untuk Menurunkan Kolesterol
Makanan Yang Dimasak Dan Dikukus Untuk Menurunkan Kolesterol
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



“Paling enggak kita oprek cara mengolahnya. Misalnya, opor, kalau saya masak opor biasanya enggak pakai santan, saya pakai susu kedelai. Rasanya sama enaknya, tinggal kita mainkan di rempah-rempah.”

“Jadi kalau memang memungkinkan ada bahan substitusi pengganti santan otomatis itu akan membantu atau pakai santannya yang encer bukan yang terlalu kental. Atau pas makan usahakan kuahnya enggak terlalu banyak, kadang kuahnya itu yang bikin terlalu tinggi kolesterol,” kata Putri.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Batasi Makanan Cepat Saji

Bagi orang dengan kolesterol tinggi, Putri pun menganjurkan untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji. Pasalnya, makanan-makanan ini cenderung diolah dengan cara deep fried.

Junk food atau fast food memang tipikal lemaknya lebih tinggi dan pastinya risiko meningkatkan kolesterol lebih besar.”

Ketimbang makan makanan cepat saji, Putri lebih menyarankan untuk konsumsi makanan yang mengandung serat dan plant stanol ester secara rutin.

Mengenal Plant Stanol Ester

Menurut Putri, plant stanol ester adalah bahan pangan fungsional yang banyak terdapat di makanan sumber.

“Sayur, buah, oats, biji-bijian, sereal itu tinggi dengan kandungan plant stanol ester. Tapi balik lagi, setiap makanan sumber itu memang kandungannya tidak sebesar produk yang memang sudah diambil kandungan aktifnya.”

“Contoh, untuk kita mendapatkan minimal dua gram plant stanol ester itu kita harus makan 15 sampai 20 buah, itu tergantung jenis buahnya apa. Jadi, otomatis kalau dari makanan sumber akan sulit memenuhi rekomendasi dokter yang dua gram per hari,” kata Putri.

Maka dari itu, konsumsi produk yang mengandung plant stanol ester boleh dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

banner 800x800