Jemaah Haji Wajib Tahu! Ini Doa Selesai ihram, Ketahui Juga Larangannya

Doa Selesai ihram
Doa Selesai ihram
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



“ Jemaah haji yang sedang ihram haram melakukan sepuluh hal: mengenakan pakaian berjahit, menutup kepala bagi laki-laki, menutup wajah bagi perempuan, mengurai rambut, mencukur rambut, memotong kuku, mengenakan wewangian, membunuh binatang buruan, melangsungkan akad nikah, dan berhubungan badan. Demikian juga dengan bermesraan dengan syahwat.”

Para ulama Syafiiyah memberikan catatan terhadap pandangan Abu Syuja tersebut. Salah satu ulama Syafiiyah, KH Afifuddin Muhajir menyebutkan bahwa ulama Syafiiyah berpendapat sebagian larangan haji yang disampaikan Syekh Abu Syuja masuk ke dalam makruh, bukan larangan haji. Hal ini sebagaimana terdapat dalam Kitab Fathul Qarib Al Mujib yang artinya:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“ (Mengurai) melepas (rambut). Pendapat ini lemah. Pendapat yang muktamad menyatakan bahwa hukum mengurai rambut adalah makruh bagi jamaah haji yang sedang ihram.”

Kelonggaran Menurut Pendapat Lain

Sementara menurut Syekh Nawawi Banten, kelonggaran terkait larangan memotong kuku dan rambut atau bulu lainnya yang mengganggu dibolehkan tanpa mendapat sanksi.  Dalam Kitab Tausiyah ala Ibni Qasim tercatat:

“ (Kelima memotong kuku. Maksudnya, menghilangkan kuku tangan dan kuku kaki dengan cara memotong atau cara lainnya. Tetapi , jika sebagian kuku jamaah haji yang sedang ihram tersebut terbelah dan ia menjadi sakit (terganggu) karenanya, maka ia boleh memotongnya) dan tidak perlu membayar fidyah. Demikian halnya dengan kemunculan rambut atau bulu di mata, dan ia menjadi terganggu karenanya, maka ia boleh mengguntingnya.”

Akan tetapi, secara umum semua larangan tersebut memiliki sanksi sendiri-sendiri. Sehingga jika terjadi pelanggaran maka jemaah haji harus membayar denda berupa fidyah baik berupa kambing, puasa atau sanksi lainnya.

Pelanggaran yang paling berat adalah bersetubuh yang berakibat rusaknya ibadah haji seseorang. Meski demikian, ia wajib melanjutkan rangkaian ibadah hajinya hingga selesai dan berkewajiban mengqadhanya pada tahun selanjutnya.

Doa Selesai Berihram

Setelah mengetahui pengertian ihram dan larangannya, selanjutnya ketahui juga bacaan doa selesai berihram. Berikut doa yang perlu dibaca setelah berihram dalam ibadah haji:

اللَّهُمَّ أُحَرِّمُ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ وَجَسَدِيْ وَجَمِيْعَ جَوَارِحِيْ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ حَرَّمْتَهُ عَلَى المُحْرِمِ اَبْتَغِيْ بِذَلِكَ وَجْهَكَ الكَرِيْمَ يَا رَبَّ العَالِمِيْنَ.

Allahumma uharrimu sya’ri wa basyari wa jasadi wa jami’a jawarihi min kulli syai-in harramtahu ‘alal muhrimi abtaghi bidzalika wajhakal karima ya rabbal ‘alamin.

Artinya: “ Ya Allah aku haramkan rambut, kulit, tubuh dan seluruh anggota tubuhku dari semua yang Kau haramkan bagi seorang yang sedang berihrom, demi mengharapkan diri-Mu semata, wahai Tuhan pemelihara alam semesta.”

Demikian itulah bacaan doa selesai berihram beserta pengertian dan larangan setelahnya. Umat Islam hendaknya mengetahui semua ketentuan tersebut, terutama bagi yang akan melaksanakan ibadah haji. Hal ini penting agar ibadah haji yang ditunaikan sah dan akhirnya hajinya menjadi mabrur.

banner 800x800