Membaca Dzikir dan doa Rasulullah SAW Sebelum tidur, Insya Allah Berkah Melimpah

doa Rasulullah SAW Sebelum tidur
doa Rasulullah SAW Sebelum tidur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Setiap perbuatan manusia itu bernilai ibadah bila dilakukan dengan niat yang baik. Untuk memastikan bahwa seorang muslim ingin beraktivitas setiap saat, dianjurkan untuk mengucapkan basmallah.

Ini termasuk tidur, yang merupakan kebutuhan sehari-hari untuk menghilangkan rasa lelah setelah seharian penuh melakukan aktivitas berat. Kita dianjurkan untuk berdoa sebelum tidur.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Doa sebelum tidur sangat dikenal di kalangan umat Islam dan diajarkan sejak usia dini. Doa tersebut diamalkan oleh Nabi SAW dan sering dilakukan oleh umat Islam.

بِاسْمِكَ اللهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan.

Mahasantri Ma’had Aly Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Alfin Haidar Ali dalam tulisannya di laman keislaman NU Online menjelaskan doa Rasulullah SAW ini tercantum dalam kitab Al-Adzkar karya Syekh Abu Zakariya Muhyiddin an-Nawawi. Mahasantri Ma’had Aly Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. Alfin Haidar Ali doa tersebut sesuai dengan riwayat dari Abi Dzar RA:

وَرَوَيْنَا فِي ” صَحِيْحِ الْبُخَارِي ” رَحِمَهُ اللهُ ، ِمنْ رِوِايَةِ حُذَيْفَةَ ، وَأَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ قَالَ : ” بِاسْمِكَ اللُّهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ “.

Artinya: Kami meriwayatkan dalam kitab Shahih Bukhari RA. dari riwayat Hudzaifah dan Abi Dzar RA bahwasanya Rasulullah SAW apabila beranjak ke tempat tidurnya, berdoa: Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan.

Namun begitu, ternyata masih ada doa lain yang tidak begitu populer. Serupa dengan di atas, doa atau dzikir ini juga dipraktikkan oleh Rasulullah SAW sebelum beliau tidur.

Dzikir Rasulullah SAW Sebelum Tidur

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *