Dukungan pada Ganjar Tak Utuh Gegara PDIP Banyak Faksi, Bahkan Ada yang Meremehkan?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Pengamat politik M Jamiluddin Ritonga melihat sejak awal dukungan kader PDIP terhadap Ganjar Pranowo tampaknya tidak utuh. Itu wajar karena PDIP terdiri banyak faksi.

Menurut Jamiluddin, ada konsekuensi politik bagi PDIP setelah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pengamatan Jamiluddin, faksi Puan Maharani misalnya, salah satu pihak yang tampaknya sulit menerima Ganjar sebagai capres dari PDIP.

“Sebab, jauh sebelum dideklarasikan Ganjar, faksi Puan sudah bergerak. Faksi ini dikoordinir di DPR RI dan sudah melakukan kerja-kerja politik untuk menggolkan Puan jadi bakal capres,” kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul ini, Jumat (26/5).

Lebih lanjut dia menganalisa, diantara mereka ada yang sempat meremehkan Ganjar Pranowo.

Bahkan, kelompok itu di media massa secara lantang mempertanyakan prestasi Ganjar selama menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Faksi Puan tampaknya tidak akan mendukung Ganjar dalam Pilpres 2024.

Artinya, langkah politik para pihak yang ada di faksi Puan, melakukannya dengan politik senyap, karena mereka tak mau terlihat berseberangan dengan keputusan Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri.

“Jadi, peluang ada perpecahan di PDIP sangat terbuka. Hanya saja perpecahan itu tidak akan ditunjukkan secara terbuka dan frontal,” kata mantan Dekan Fikom IISIP ini.

Dalam pandangan Jamiluddin, bentuk perpecahan yang paling mungkin terjadi di PDI Perjuangan usai mendukung Ganjar sebagai capres bisa saja ditunjukkan dengan dukungan setengah hati.

“Di depan umum seolah mendukung, padahal di belakang mereka sesungguhnya tidak memberi dukungan kepada Ganjar,” pungkasnya soal PDIP yang mencalonkan Ganjar ini.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *