Orang Indonesia Malas Minum Air Putih, Risiko Bisa Terkena Batu Ginjal!

Malas Minum Air Putih
Minum Air Putih
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Untuk tubuh yang sehat, kita WAJIB minum air putih 8 gelas setiap hari. Nasihat ini harus diikuti setiap hari.

Padahal, masyarakat di Indonesia sangat sedikit konsumsi air. Fakta ini terungkap dalam laporan ilmiah bertajuk “Air Bagi Kesehatan” yang ditulis oleh Dr. Budi Iman Santoso, SpOG(K), Prof. Hardinsyah, MS, DR Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH dan Dr. Sudung O. Pardede, Sp.A(K).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebuah laporan ilmiah menjelaskan bahwa sebagian masyarakat Indonesia masih menggunakan air lebih sedikit dari yang mereka butuhkan. The Indonesian Hydration Regional Study (THIRST) menemukan bahwa 46,1% subjek penelitian menderita dehidrasi atau hipovolemia ringan.

Efek ini lebih tinggi pada remaja (49,5%) dibandingkan pada orang dewasa (42,5%). THIRST juga menemukan bahwa prevalensi hipovolemia ringan lebih tinggi di daerah dataran rendah yang panas daripada di daerah dataran tinggi yang sejuk.

Ironinya, enam dari setiap 10 subjek yang diteliti (sekitar 60%) tidak mengetahui kalau diperlukan minum yang lebih banyak bagi ibu hamil, ibu menyusui, orang yang berkeringat aktif, dan orang yang berada dalam lingkungan atau ruang dingin. Hanya sekitar separuh dari subjek orang dewasa dan remaja yang mengetahui kebutuhan air minum sekitar 2 liter sehari.

Membahas lebih dalam masalah ini, Pakar Hidrasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia DR. dr. Diana Sunardi, MGizi, SpG (K) menjelaskan beberapa faktor kenapa orang Indonesia masih malas minum air putih.

Alasan pertama yang disampaikan adalah malas untuk ke toilet untuk pipis. “Ya, kalau kita minum, mau tidak mau tubuh nanti akan mengeluarkan cairan yang ada di dalam dalam bentuk urin. Nah, sebagian orang Indonesia ternyata ada yang malas minum karena alasan malas ke toilet,” paparnya.

Alasan selanjutnya adalah ketersediaan air masih sangat kurang. Di beberapa wilayah, sumber air masih jauh dan ini membuat orang malas untuk minum. Maka dari itu, sambung Dokter Diana yang juga merupakan Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) FKUI, pihaknya menggalakkan program sedia botol minum di meja kerja.

“Selain itu, kita juga menyarankan untuk menyediakan air di taman bermain dan jangan pernah lupa membawa air putih saat bepergian,” tambahnya.

Sebagian orang Indonesia tidak terbiasa dengan air putih. Contoh nyatanya adalah di pagi hari kebanyakan dari orang kita minum teh atau kopi, lalu juga sore demikian.

Lalu apa bahayanya jika kurang minum air putih?

Konsultan Urolog, Dr S. Ambikai Balan mengatakan, batu ginjal adalah massa padat yang terbentuk dari mineral makanan dalam urin.

Sementara pembentukan batu ginjal berhubungan dengan penurunan volume urin yang terjadi karena konsumsi air yang tidak mencukupi.

“Batu itu terbentuk dalam proses yang disebut urolitiasis yang membuat urin menjadi jenuh. Urin akan mengkristal, dan akhirnya terbentuk batu, ” katanya dilansir dari urologist.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, pentingnya minum banyak air putih untuk menjaga kesehatan tetapi kadang kita memilih untuk mengabaikannya. Tidak minum cukup air berarti Anda hanya mencari masalah.

Sebab tubuh Anda akan rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, termasuk batu ginjal, kandung kemih atau kandung empedu yang dapat menyebabkan rasa sakit luar biasa.

Kondisi ini bisa dilihat dari viral video wanita usia 45 tahun berujung ke ruangan operasi, akibat jarang minum air putih karena malas bolak-balik ke toilet.

Unggahan tersebut, setelah ditelusuri berasal dari Tenaga Kesehatan bernama Fuji yang mengatakan kalau ada pasien wanita berusia 45 tahun alami batu ginjal akibat gaya hidup buruk. Nakes Fuji menjelaskan perjalanan akhirnya sang wanita itu berujung ke ruang operasi.

Berawal nyeri pinggang selama 2 tahun, dia mengaku bekerja di ruangan AC. Dengan lebih banyak aktivitas duduk berjam-jam, dan ditambah ia malas minum air putih karena malas bolak-balik ke toilet, dan juga suka minum minuman instan (kalengan) dan nahan pipis.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *