Assalamualaikum Jemaah Haji! Ini 5 Tips Mencegah Heatstroke Selama di Arab Saudi

Mencegah Heatstroke Selama di Arab Saudi
cuaca panas di madinah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Suhu sedang panas di Arab Saudi saat ini. Simak 5 tips mencegah heatstroke saat menunaikan ibadah haji di sini.

Menurut DetikHealth, Madinah memasuki cuaca panas di akhir Mei. Jemaah haji Indonesia juga menghadapi tantangan serius di bawah kondisi iklim Arab Saudi. Suhu di Arab Saudi diketahui mencapai 40 derajat Celcius per hari.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Meskipun aktivitas jemaah membuat mereka terpapar sinar matahari yang terik, hal itu dapat menyebabkan kelelahan akibat panas, termasuk kelelahan karena panas, atau penyakit organ terkait suhu tinggi, termasuk penyakit jantung, otak, dan ginjal. Ini mungkin berimplikasi pada seseorang dengan kondisi yang mirip dengan pasien stroke.

M. Imran, Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi, mengatakan jemaah haji asal Indonesia harus mewaspadai beberapa hal. Jamaah haji diminta memberikan perlindungan tambahan agar bisa beribadah dengan lancar di tengah suhu panas.

“Jemaah harus waspadai cuaca panas di Madinah. Panas di Madinah akan terasa lebih menyengat namun tubuh tidak berkeringat. Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang bisa menghambat jemaah untuk menjalankan ibadah,” tutur dr Imran dalam keterangan tertulis, Selasa (30/5/2023).

Berikut sejumlah langkah yang bisa diterapkan untuk mencegah terkena heatstroke, dikutip dari berbagai sumber.

5 Tips Cegah Heatstroke selama Ibadah Haji

  1. Menggunakan pakaian yang tepat

Dalam kondisi cuaca panas, gunakanlah pakaian yang berbahan sejuk, ringan, dan tidak ketat. Menggunakan pakaian yang ketat atau berbahan tebal akan menghambat tubuh untuk bisa mengeluarkan panas.

Untuk mencegah terkena heatstroke, dr Imran juga menganjurkan para jemaah haji untuk menggunakan payung dan menggunakan baju lengan panjang. Ia mengimbau jemaah untuk tidak memaksakan diri untuk berjalan kaki tanpa alas kaki.

  1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Para jemaah haji juga disarankan untuk minum 250 ml air setiap 1 jam. Hal ini dilakukan bertahap seperti sekali minum cukup dua atau tiga teguk air secara perlahan.

Minum air putih bisa mencegah tenggorokan kering sehingga tidak memicu batuk. Kebiasaan minum seperti ini juga bisa mencegah terjadinya dehidrasi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *