Surat Al-Hajj Ayat 1 Yang Membuat Nabi SAW Menangis

Surat Al-Hajj Ayat 1
Surat Al-Hajj Ayat 1
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idSurat Al-Hajj merupakan surat ke-22 dari Mushaf Al-Quran dan terdiri dari 78 ayat. Ayat pertama surat ini pernah membuat Nabi SAW dan para sahabat menangis karena khawatir akan bencana di hari kiamat.

Disebut “Al-Hajj” karena surat ini menjelaskan topik yang berkaitan dengan ibadah haji. Seperti Ihram, Tawaf, Sa’i, Wukuf di Arafah, cukur, perintah-perintah Allah, manfaat dan hikmah yang ditahbiskan oleh haji. Namun, ayat pertama dari surat ini sebenarnya mengumumkan Hari Kiamat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut Al-Ghaznawi, Surat Al-Hajj termasuk dalam surat-surat ajaib. Itu Diturunkan siang dan malam dalam mode musafir dan non-musafir. Beberapa ayat diturunkan di Mekah, yang lain di Madinah.

Isinya berhubungan dengan peperangan dan ada pula yang berhubungan dengan perdamaian. Ada juga ayat-ayatnya yang muhkam dan ada pula yang mutasyabihaat.

Inilah kandungan ayat pertama Surat Al-Hajj yang membuat Nabi Muhammad SAW dan sahabat menangis. Allah berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوۡا رَبَّكُمۡ‌ۚ اِنَّ زَلۡزَلَةَ السَّاعَةِ شَىۡءٌ عَظِيۡمٌ

Artinya: “Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.” (QS Al-Hajj Ayat 1)

Menurut suatu riwayat yang dikutip dari Tafsir ringkas Kemenag, ayat ini diturunkan pada malam hari pada waktu terjadi peperangan Bani Mustalik. Nabi Muhammad SAW membacakan ayat ini kepada para sahabat. Setelah beliau membacakan ayat ini, beliau menangis dan sebagian sahabat ikut menangis. Ada yang gundah gulana dan ada pula yang merenungi ayat ini.

Rasulullah SAW begitu khawatir terhadap malapetaka yang terjadi pada Hari Kiamat. Meskipun dalam diri beliau dan sahabat telah terpatri keimanan dan kesabaran yang kuat, beliau tetap khawatir. Hari Kiamat termasuk perkara gaib dan termasuk salah satu dari rukun iman yang wajib diimani setiap muslim.

Orang yang beriman dan meyakini Hari Akhir tentu akan mawas diri dan menyiapkan amal terbaik sebelum datangnya hari yang dijanjikan Allah tersebut. Sebagaimana dijelaskan dalam Hadis, Hari Kiamat adalah hari kehancuran dunia. Masa peralihan dari kehidupan dunia yang fana ini beralih ke kehidupan akhirat yang kekal.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *