Ini 24 Cara Mengobati Asam Lambung, Tak Perlu Harus dengan Obat

Mengobati Asam Lambung
Mengobati Asam Lambung
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Mulai hindari makanan berlemak, karena selain meningkatkan berat badan, konsumsinya tidak baik untuk lambung. Makanan dapat meningkatkan tekanan sfingter esofagus bawah untuk menekan asam lambung.

Hindari Makan Berlebihan

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mulai hindari kebiasaan makan berlebihan sebagai cara mengobati asam lambung. Ketika proses makan, kerongkongan akan terbuka hingga ke perut. Ada otot berbentuk cincin yang bertugas sebagai katup untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Bagi penderita asam lambung, otot ini akan melemah ketika proses makan terjadi. Maka dari itu sebaiknya hindari makan dalam jumlah yang banyak. Melakukannya justru akan memperburuk keadaan asam lambung yang naik.

Penderita yang sudah memiliki riwayat asam lambung perlu memperhatikan posisi tubuhnya setelah makan. Beri jeda beberapa saat agar makanan yang masuk, tidak keluar kembali melalui tenggorokan, hindari tidur setelah makan.

Oatmeal

Cara mengobati asam lambung dengan oatmeal bisa dijadikan pilihan. Oatmeal mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah dan kolestrol, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Diketahui bahwa asam lambung bisa meningkat saat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan manis. Oleh sebab itu, obat asam lambung alami seperti oatmeal sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Makanan ini dapat mengurangi kadar gula darah pada penderita asam lambung.

Madu

Cara mengobati asam lambung bisa pakai madu. Agar bisa merasakan manfaatnya, cobalah untuk mengonsumsi madu sebanyak 1 sendok teh setiap harinya. Bisa juga dengan mencampurkan madu bersama segelas air hangat atau teh.

Meski begitu, batasi juga konsumsinya karena kandungan gula dalam madu cukup tinggi. Efek sampingnya akan semakin buruk jika dikonsumsi penderita diabetes.

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Herbal

Peppermint

Cara mengobati asam lambung dengan pappermint dapat dijadikan pilihan. Peppermint memiliki efek antipasmodik. Efek ini mampu meredam mual, muntah, gangguan pencernaan, dan maag. Cobalah untuk mengonsumsi secangkir teh peppermint setelah makan.

Meski begitu, cara mengobati asam lambung dengan pappermint hanya dianjurkan untuk mengatasi masalah refluks. Sebab, peppermint dapat mengendurkan katup pada bawah esofagus. Pappermint tidak dianjurkan untuk kenaikan asam lambung karena penyakit GERD.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *