Berikut 18 Hal yang Membatalkan Salat, Simak Ini agar Ibadah Anda Sah

18 Hal yang Membatalkan Salat
Salat. Foto: pixabay
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Salat adalah ibadah kepada Allah SWT dan Rasul-Nya yang diwajibkan bagi umat Islam. Agar Salat yang dilakukan sah dan diterima oleh-Nya, maka harus diperhatikan beberapa hal yang dapat membatalkan Salat tersebut.

Salat yang wajib dilakukan oleh umat Islam adalah Salat 5 waktu yang diwajibkan oleh Allah SWT. Menurut kitab Fiqh Sunnah karya Sayyid Sabiq, kewajiban Salat diberikan kepada Nabi SAW selama perjalanannya ke Isra Miraj.

Anas bin Malik menceritakan, “Salat diwajibkan kepada Rasul SAW pada saat beliau diangkat pada malam Isra, yaitu sebanyak 50 kali. Kemudian dikurangi hingga mencapai lima kali. Lalu dipanggillah Rasulullah SAW, ‘Wahai Muhammad, sungguh oerkataan-Ku tidak bisa diganti-ganti. Dengan lima (waktu salat) ini, kamu mendapatkan 50.” (Hadits Shahih)

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Wajibnya salat terbukti dari sejumlah ayat dalam Al-Qur’an yang banyak menyebutkan tentangnya. Seperti dalam Surat Al Baqarah ayat 43:

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ

Artinya: “Dan laksanakanlah sallat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk.”

Ibadah salat juga termasuk dalam rukun (pilar) Islam yang lima. Itu juga yang membuktikan bahwa salat menjadi salah satu kewajiban yang mesti ditunaikan.

Salat juga disebutkan sebagai tiang agama, dan agama mampu tegak karenanya. Sehingga apabila salat tidak dilaksanakan maka rusaklah agama seseorang. Salat pula menjadi ibadah pertama yang diwaijbkan Allah SWT kepada para hamba-Nya. Salat juga menjadi ibadah pertama yang akan dihitung dari diri seseorang di hari kiamat kelak.

Diriwayatkan Abdullah bin Qarth, Rasul SAW bersabda, “Sesuatu yang pertama kali dihisab dari seorang hamba adalah salat. Jika salatnya baik, maka seluruh amalnya akan baik. Jika salatnya rusak, maka rusaklah seluruh amalnya.” (Hadits Shahih)

Dengan kewajiban salat yang berlaku bagi kaum muslim ini, tentunya kita tak ingin salat kita batal dan tidak sah. Untuk itu, ada baiknya bagi muslim untuk memperhatikan hal-hal yang membatalkan salat. Lantas, apa saja?

18 Perkara yang Membatalkan Salat

Ahmad Sarwat dalam Ensiklopedia Fikih Indonesia: Shalat menyebutkan terdapat banyak perkara yang bisa membatalkan salat. Yakni sebagai berikut:

1. Murtad

Murtad atau keluar dari Islam, menjadi pembatal salat karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa salah satu syarat sahnya salat adalah beragama Islam. Demikian orang yang status keislamannya lepas, maka otomatis salatnya batal.

2. Gila

Menjadi gila atau hilangnya akal sehat juga menjadi hal yang membatalkan salat. Lantaran di antara syarat sah salat yakni berakal, maka tidak sah bila salat dilakukan oleh orang gila atau orang yang kehilangan akalnya.

3. Belum Masuk Waktu Salat

Salat tidak sah jika dilakukan sebelum waktunya. Maka jika seseorang sedang salat tanpa mengetahui waktunya, dan di tengah salat baru masuk waktu, maka salatnya itu langsung batal.

4. Terkena Najis

Suci dari najis menjadi salah satu syarat sah salat. Sehingga tak sah salat seseorang, apabila di bajunya, di badannya, atau pada tempat salatnya terkena najis.

5. Berhadats Kecil

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *