Kultum 135: Berbagai Amalan yang Tak Putus Pahalanya (3)

Berbagai Amalan yang Tak Putus Pahalanya
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Demikian pula halnya dengan orang yang menanam pohon yang bermanfaat lainnya, baik bermanfaat karena buahnya atau bermanfaat karena teduhnya atau karena lainnya. Dia juga akan memperoleh pahala. Di dalam hadits disebutkan menaman kurma, karena keutamaan dan keistimewaan kurma yang tidak dimiliki pohon lainnya.

Di samping amalan-amalan tersebut, amalan yang paling populer yang pahalanya akan mengalir terus adalah membangun masjid. Masjid juga merupakan tempat yang paling dicintai Allah. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ مَسَاجِدُهَا وَأَبْغَضُ

الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ أَسْوَاقُهَا

Artinya:

Tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid-masjidnya dan yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya (HR. Muslim no. 1560). Mengapa masjid merupakan tempat yang paling dicintai Allah, karena di masjid nama Allah diagungkan dan ditinggikan.

Di masjid shalat ditegakkan, ayat-ayat al-Qur’an dibacakan, ilmu agama disebarkan, umat Islam berkumpul, untuk maslahat agung lainnya. Allah memuji masjid dalam al-Qur’an dengan berfirman,

فِي بُيُوتٍ أَذِنَ اللَّهُ أَنْ تُرْفَعَ وَيُذْكَرَ فِيهَا

اسْمُهُ يُسَبِّحُ لَهُ فِيهَا بِالْغُدُوِّ وَالْآَصَالِ

Artinya:

Di masjid-masjid di mana telah diperintahkan Allah untuk memuliakan dan menyebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang (QS. an-Nur, ayat 36).

Atas dasar itulah maka orang membangun masjid, dan karenanya dia akan memperoleh pahala dari setiap kegiatan yang dilakukan di masjid tersebut. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ يَبْتَغِي بِهِ وَجْهَ اللَّهِ

بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

Artinya:

Barangsiapa yang membangun sebuah masjid karena mengharap wajah Allah, maka Allah akan bangunkan untuknya sebuah rumah di dalam surga (HR. Muttafaqun ‘alaihi).

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                  

  —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *