Miliki Basis Dukungan Besar di Jatim, Khofifah Berpeluang Besar Jadi Cawapres

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Pengamat politik Universitas Indonesia, Effendi Gazali menyebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merupakan kandidat calon wakil presiden terdepan dibanding bakal cawapres perempuan lainnya.

“Jika para calon presiden berniat mencari pasangan wapres seorang perempuan maka Bu Khofifah adalah kandidat terdepan (cawapres),” kata Effendi Gazali dilansir dari Antara, Sabtu (17/6/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut dia, mantan Menteri Sosial itu menjadi yang terdepan karena pengalaman politiknya yang sudah tidak diragukan lagi sejak zaman Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Effendi mengatakan bahwa Jatim merupakan the real battle ground bagi para capres yang bersaing pada Pilpres 2024 karena jumlah pemilihnya yang banyak.

“Apalagi Bu Khofifah memiliki basis dukungan yang besar di Jawa Timur. Siapa saja di antara tiga (bacapres) ini yang punya peluang menggandeng Khofifah,” ucap Effendi.

Sebelumnya, Khofifah masuk dalam daftar bakal cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

“Usulan dari partai koalisi PKS, NasDem dan Demokrat dan yang diusulkan oleh tim kecil. Itu sudah disampaikan ke Pak Anies lima nama itu,” kata Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman, usai peresmian pembangunan di Gedung Universitas Paramadina, Jakarta, Selasa 13 Mei 2023.

Sohibul mengungkap ketiga dari lima nama yang telah masuk ke kantong Anies diantaranya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher).

“Ya mungkin ada mas AHY (usulan dari Partai Demokrat), ada Kang Aher (usulan dari PKS). Kemudian dari NasDem (usulan) kan menyodorkan Ibu Khofifah. (sudah diusulkan ke Anies) Iya kan tadi yang ada di meja koalisi,” bebernya.

 

Khofifah Masuk Daftar Cawapres Anies Baswedan

AHY, Aher, Khofifah, dan dua nama lainnya yang belum terungkap akan menjadi daftar kandidat cawapres yang bakal dipilih Anies Baswedan.

“Nah setelah itu kita semua punya kesepakatan yang mengerucutkan nama itu Pak Anies. Ya awalnya lima, dan sekarang kan Pak Anies sudah menyampaikan dia mengerucutkan dan sedang fokus berarti sudah tidak lima dong (mungkin sudah dikerucutkan),” ujarnya.

“Intinya, mungkin 1 juga sudah barangkali. Pak anies ini yang kita tunggu adalah beliau menyampaikan kepada kita sudah punya 1 nanti kita deklarasi kapan. Kan begitu,” tambah Sohibul.

Sumber

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *