Kultum 139: Kabar Gembira bagi Orang yang Sabar

Kabar Gembira bagi Orang yang Sabar
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Menurut Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di, yang dimaksud dengan kekurangan jiwa adalah kematian orang-orang yang dicintai seperti istri dan anak-anak, kerabat tercinta, bahkan teman dekat. Berkurangnya jiwa itu juga bisa berupa berbagai macam penyakit yang menimpa manusia atau menimpa orang-orang yang dicintainya tadi.

Adapun ujian berupa kekurangan buah-buahan, adalah memang kekurangan biji-bijian, buah kurma dan pepohonan lainnya, serta juga sayur mayur. Bisa jadi hal demikian disebabkan karena terkena bencana musim dingin yang sangat dahsyat, musim panas berkepanjangan atau kebakaran. Bisa juga berupa bencana besar seperti serangan wabah belalang, hama, dan semisalnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut Syaikh, semua itu pasti akan terjadi. Hanya saja manusia harus menyadari bahwa Allah-lah yang Maha Mengetahui dan Maha Teliti yang mengabarkannya. Semua itu pasti akan terjadi sebagaimana yang telah Allah kabarkan. Sebagai hamba-Nya, kita harus bersikap sabar. Karena dengan bersabar inilah, kita juga akan menerima balasan yang juga telah dijanjikan oleh Allah Subahanhu wata’ala. Wallahu a’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh                                                 —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *