Meneladani Dimensi Altruistik Nabi Ibrahim dan Ismail

Dimensi Altruistik Nabi Ibrahim dan Ismail
Ahmad Sastra
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jika membincangkan Nabi Ibrahim, maka belum sempurna tanpa membahas Nabi Ismail. Aspek altruisme Nabi Ismail juga tidak lebih indah dibandingkan ayahnya. Nabi Ismail adalah salah satu nabi yang juga memiliki aspek-aspek altruistik dalam kehidupannya. Meskipun dalam Al-Quran tidak banyak diceritakan tentang Nabi Ismail, terdapat beberapa aspek altruisme yang dapat ditemukan dalam kisahnya.

Pertama, kesediaan untuk dikorbankan. Dalam kisah pengorbanan yang diperintahkan oleh Allah kepada Nabi Ibrahim, Nabi Ismail bersedia untuk dikorbankan demi ketaatan kepada Allah. Meskipun dia masih muda pada saat itu, Nabi Ismail menunjukkan ketundukan dan kesiapan untuk mengorbankan dirinya sebagai bentuk kesetiaan kepada Allah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kedua, kehidupan dalam ketaatan. Nabi Ismail hidup dalam ketaatan kepada Allah dan mengikuti ajaran yang diterima dari Nabi Ibrahim. Dia menunjukkan sikap sabar, tawakal, dan ketundukan terhadap kehendak Allah dalam kehidupannya. Ketaatan totalitas atas perintah Allah menjadi contoh yang indah bagi umat Islam selanjutnya. Sebab masuk Islam harus kaffah, bukan parsial. Ketaatan kepada Allah harus totalitas.

Ketiga, kontribusi dalam membangun Ka’bah. Dalam tradisi Islam, Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim dikaitkan dengan pembangunan Ka’bah di Makkah. Kisah ini menunjukkan kerja keras, dedikasi, dan kontribusi Nabi Ismail dalam membangun tempat suci yang menjadi pusat ibadah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Ini adalah sifat altruistik yang luar biasa, sebab hingga kini Ka’bah menjadi kiblat umat Islam sedunia hingga hari kiamat.

Meskipun kisah-kisah tentang Nabi Ismail terbatas dalam sumber-sumber Islam, sikap-sikap altruistik seperti kesediaannya untuk mengorbankan diri dan hidup dalam ketaatan kepada Allah memberikan contoh tentang pentingnya pengorbanan, tawakal, dan ketundukan dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan oleh Allah dan dalam berhubungan dengan sesama manusia, khususnya dalam menghidupkan agama Allah sehingga Islam terus ada hingga masa kita hari ini.

(AhmadSastra,KotaHujan,21/06/23 : 14.03 WIB)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *