Cerdas! Kisah Abu Nawas: Tangkap Pencuri Lihai Cuma Pakai Sebatang Tongkat

Tangkap Pencuri Lihai Cuma Pakai Sebatang Tongkat
Tangkap Pencuri Lihai Cuma Pakai Sebatang Tongkat. Foto: pixabay
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – SUATU hari di Kota Baghdad yang menjadi daerah tempat tinggal Abu Nawas digemparkan aksi pencurian. Para pencuri itu begitu lihai dalam menjalankan aksinya.

Hingga suatu ketika pencuri itu melakukan aksinya untuk merampok di rumah saudagar kaya raya yang dijaga ketat para penjaga. Dia bisa mencuri di rumah besar itu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Perhiasan dan barang-barang berharga lainnya digondol oleh si pencuri. Kejadian ini membuat penasaran saudagar kaya raya tersebut.

Saudagar itu pun membuat sayembara: “Bagi siapa saja yang berhasil menemukan pencuri itu, maka akan diberikan seluruh harta hasil curiannya tersebut sebagai imbalan.”

Semua masyarakat di desa pun mendaftar sayembara itu. Mereka tergiur akan hadiah yang ditawarkan sang saudagar kaya raya.

Sayangnya, setelah seminggu berlalu, tidak ada satu pun yang dapat menangkap pencuri tersebut. Tetapi ada salah satu sahabat sang saudagar yang merekomendasikan untuk meminta bantuan Abu Nawas.

Mendengar nama Abu Nawas akan dimintai tolong saudagar tersebut, si pencuri sempat merasa cemas. Ia bahkan berpikir pindah ke kota lain, namun segera ditepis agar tidak menimbulkan kecurigaan, sehingga penyamarannya terbongkar dan sulit mencuri di kota itu lagi.

“Yang penting aku harus waspada. Jangan sampai tertipu muslihat oleh Abu Nawas,” kata si pencuri dalam hati, seperti dikutip dari kanal YouTube Humor Sufi Official, Sabtu (24/6/2023).

Keesokan harinya Abu Nawas meminta seluruh warga berkumpul. Bagi yang tidak berkumpul maka dianggap sebagai pencurinya.

“Satu persatu dari kalian akan aku beri tongkat sakti yang sudah aku beri mantra. Bagi siapa saja pelakunya maka tongkat ini akan bertambah 5 sentimeter. Besok pagi bawa lagi tongkat itu ke sini,” ujar Abu Nawas menjelaskan.

Guna membuktikan ucapannya, Abu Nawas mengarahkan tongkat itu ke sebuah pohon. Pohon tersebut pun meledak dan roboh ke tanah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *