Hantu Politik Identitas

Hantu Politik Identitas
Anies Rasyid Baswedan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Kembali kepada isu politik identitas, benarkah Anies menjalankan politik identitas seperti yang dituduhkan itu? Bukankah hanya karena memiliki background sosial politik seperti di atas, lantas dia dituding melakukan politik identitas? Bukankah karena didukung oleh umat Islam yang marah akibat ulah Ahok dia terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta?

Dalam banyak kesempatan, Anies menjawab tudingan itu dengan tenang dan elegan. Dia menyatakan, “Coba tunjukkan satu saja kebijakan saya yang diskriminatif!” Pertanyaan yang tampaknya begitu sulit dijawab oleh para penentangnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Politisi Partai Nasdem Efendi Choiri justru menjawab tudingan itu dengan data. Menurut Gus Choi, begitu dia akrab disapa, selama lima tahun memimpin Jakarta Anies justru jelas sekali sangat fair dan tidak partisan. Tidak mengistimewakan mereka yang disebut pendukungnya. Istilah Gus Choi: “Lima tahun kepemimpinannya damai, tidak ada hiruk pikuk seperti zaman Ahok dan tidak ada kontroversi.”

Kalau dia hanya peduli kepentingan umat Islam di Jakarta, apakah dia mendiskriminasi pemeluk agama lain? Justru dialah gubernur yang paling banyak memberikan izin pendirian gereja yang sebelumnya sulit diberikan. Karena selama lima tahun memimpin Jakarta, Anies memberikan izin sekitar 31 pendirian gereja. Sementara izin pendirian masjid hanya 19. Bandingkan saja! Begitu juga izin pendirian tempat ibadah pemeluk agama yang lain.

Yang tak kalah menarik dalam kaitan ini adalah soal Ade Armando yang sempat trending di platform Twitter Kamis (3/11)2022) silam. Setelah videonya yang mengajak umat Kristen bersatu untuk tidak memilih Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

Lho…, sebagian orang tentu tercengang menanggapi ajakan itu. Betulkah kalau umat Kristen tidak memilih Anies maka Anies akan kalah, seperti teori Ade Armando? Kalau begitu, apakah Ade Armando tidak melakukan politik identitas? Tudingan yang selalu dilontarkannya untuk Anies. Siapakah sesungguhnya pelaku politik identitas, yang terus digembargemborkan seperti hantu yang menakutkan?

Saatnya para pemilih cerdas menentukan pilihan!(*)

Bandung, 25 Juni 2023.-

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *