Breaking News! BMKG: Gempa M 6,4 di DIY, Getaran Hingga Jateng-Jatim

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa 6,4 magnitudo yang mengguncang selatan Kulonprogo, DIY, terasa hingga di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa berdampak dan dirasakan di daerah Kulonprogo, DIY; Nganjuk, Jawa Timur; Kebumen, Jawa Tengah dan Ponorogo, Jawa Timur dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kediri dan Mojokerto dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu),” kata Daryono dalam keterangan tertulis, Jumat (30/6).

Ia menjelaskan berdasarkan hasil pemodelan, gempa itu tidak berpotensi tsunami. BMKG juga mencatat adanya dua gempa susulan yang terjadi.

“Hingga pukul 20.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M3,9,” kata Daryono.

Daryono juga menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” katanya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *