11 Gejala Asam Lambung Naik dan Cara Penanganannya di Rumah

Gejala Asam Lambung Naik
Gejala Asam Lambung Naik
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Penyakit asam lambung juga dikenal dengan istilah gastroesophageal reflux disease (GERD). Gejala asam lambung yang meningkat bisa bermacam-macam, namun yang paling umum adalah nyeri hati.

Menurut laporan website Clinica University of Gadjah Mada (UGM), GERD artinya ketika asam lambung naik di kerongkongan. Kondisi ini diperburuk oleh aktivitas yang menyebabkan refluks, termasuk berbaring dan membungkuk.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Artikel ini membahas 11 gejala asam lambung yang mungkin Anda alami. Selain itu, kami juga membahas cara Penanganannya asam lambung yang naik.

Gejala Asam Lambung Naik

Berikut ini 11 gejala asam lambung naik yang mungkin terjadi, seperti dilansir dari Healthline.

  1. Nyeri Ulu Hati

Gejala asam lambung naik yang paling umum adalah nyeri ulu hati atau heartburn. Rasanya seperti terbakar pada bagian perut yang bisa naik ke dada, leher, bahkan tenggorokan.

  1. Kesulitan Menelan

Kesulitan menelan atau disfagia dapat terjadi karena asam lambung naik. Refluks asam lambung dapat mengiritasi tenggorokan sehingga Anda mungkin kesulitan menelan.

  1. Sakit Saat Menelan

Sakit saat menelan atau odynophagia yaitu rasa nyeri di mulut, tenggorokan, atau kerongkongan.

Hal ini berbeda dengan disfagia karena kesulitan menelan mungkin tidak dibarengi dengan rasa sakit. Akan tetapi odynophagia sering terjadi bersamaan dengan disfagia.

  1. Mual dan Muntah

Ketika asam lambung naik, Anda mungkin merasakan mual. Sering kali rasa mual tak tertahankan akan menyebabkan muntah.

  1. Sensasi Globus

Sensasi globus adalah perasaan penuh pada bagian belakang tenggorokan. Anda mungkin akan merasakan ada benjolan yang disebabkan rasa tegang pada otot atau pembengkakan jaringan tenggorokan.

  1. Batuk Kronis

Asam lambung naik menjadi salah satu penyebab umum dari batuk kronis. Batuk ini biasanya terjadi pada malam hari atau setelah makan, saat berbaring, bahkan batuk tanpa penyebab.

  1. Suara Serak

Asam lambung yang naik bisa berdampak pada tenggorokan dan mengganggu pita suara. Akibatnya, suara Anda bisa terasa serak.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *