Inilah 12 Pondok Pesantren terbaik di Indonesia

Pondok Pesantren terbaik di Indonesia
Pesantren Gontor
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



7. Pondok Pesantren Al Anwar Sarang

Pesantren Al Anwar telah hadir sejak 1967 di Sarang Rembang, Jawa Tengah. Pesantren ini awalnya merupakan sebuah kelompok pengajian yang didirikan oleh KH. Ahmad Syuaib dan KH. Zubair Dahlan. Kemudian kelompok pengajian ini berkembang dan mendirikan tiga kompleks bangunan, Kompleks A, B, dan C. Biaya pendidikan menjadi santri baru di Al Anwar adalah mulai dari sekitar Rp640.000 per tiga bulan dan Rp1.971.000 per 11 bulan.

8. Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah

Selain di Pulau Jawa, pondok pesantren juga banyak di pulau-pulau lain, seperti di Sumatra. Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah berlokasi di Medan sejak 18 Oktober 1982. Pendiri dari pondok pesantren ini adalah alumni Pondok Pesantren Gontor. Kurikulum pengajaran di sini merupakan gabungan dari MI Padang Panjang dan model pengajaran pesantren-pesantren di Jawa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

9. Pondok Pesantren Tebuireng

Pondok pesantren yang tersedia untuk SD hingga kuliah adalah Tebuireng. Pondok pesantren ini terletak di Jombang, Jawa Timur sejak 1899. Sistem pengajaran pesantren ini adalah metode sorogan atau siswa membacakan mata pelajaran kitab kuningnya di depan guru dan bandongan (kyai membaca kitab dan siswa menafsirkannya).

10. Pondok Pesantren Daar El Qolam

Telah berdiri sejak lama, yakni 20 Januari 1968, pondok pesantren ini terletak di Kabupaten Tangerang, Banten. Tidak mengajarkan berdasarkan kitab-kitab klasik, pesantren modern ini mengajarkan pendidikan agama maupun pendidikan umum dengan pendekatan metode pengajaran yang modern. Pendaftaran pondok pesantren ini seharga Rp500.000 dan biaya pendidikannya mulai dari Rp2,9 juta.

11. Pondok Pesantren Raudlatul Makfufin

Berbeda dari pondok pesantren biasanya, PP Raudlatul Makfufin merupakan pondok pesantren khusus untuk tunanetra. Pondok pesantren ini terletak di Kota Tangerang Selatan, Banten. Yayasan Raudlatul Makfufin telah membuat Al-Quran braille yang juga digunakan untuk pembelajaran di pondok pesantrennya. Tidak hanya belajar keagamaan dan ilmu teori, PP Raudlatul Makfufin juga mengajarkan aktivitas luar, seperti olahraga, dan praktik komputer.

12. Pondok Pesantren Asshiddiqiyah

PP Asshidiqiyah didirikan pada Juli 1985 oleh Dr. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. PP ini memiliki 11 cabang di berbagai daerah, dari Jakarta hingga Lampung. Program pendidikan yang ada di PP ini adalah untuk SMP dan SMA. Selain menggunakan bahasa Indonesia dalam pengajarannya, PP Asshiddiqiyah juga menggunakan bahasa Arab dan Inggris.

banner 800x800