Ketika Gurun Pasir Digali, Apa Yang Ada Di Sana?

Ketika Gurun Pasir Digali
Gurun Pasir
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pernahkah Anda membayangkan apa yang ada di balik hamparan gurun pasir? Apa isinya jika digali sampai ke dasar?

Sebenarnya dasar hamparan pasir atau gurun tergantung dimana kita berada. Misalnya, beberapa bukit pasir dapat digerakkan oleh angin. Oleh karena itu, kemungkinan besar di bawah pasir kita akan menemukan hutan atau lubang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pasirnya sendiri dibentuk oleh bebatuan di dasarnya, ditambang oleh sungai atau elemen alam lainnya. Pada saat yang sama, badai air laut mengikis bebatuan selama ribuan atau bahkan jutaan tahun.

Jika kita terus menggali pasir di pantai, kita mungkin menemukan pasir yang telah memadat dan menjadi batuan sedimen. Namun, hal ini juga tergantung pada kondisi geologis daerah tersebut.

Apa yang Ditemukan Jika Menggali Gurun?

Sebagian besar gurun sebetulnya tidak tertutup oleh pasir, melainkan batuan dasar yang terbuka. Pasir biasanya terbentuk dari pelapukan batuan dasar tersebut.

Saat gurun memanas dan mendingin pada siang dan malam hari, batuan mengembang dan retak. Selama ribuan bahkan jutaan tahun, angin turut menerpa batu-batu yang lebih kecil dan batuan tergerus menjadi pasir. Maka dari itu, jika kita menggali gurun, maka yang ditemukan adalah dasar batuan dan tanah liat yang mengering.

Meski kelihatannya biasa saja, hamparan pasir pada dasarnya dapat melindungi apa yang mereka kubur di bawahnya. Seperti dikutip dari IFL Science, bukit pasir bisa melindungi pohon unta di Namibia.

Selain itu, terkadang gurun pasir menyimpan sesuatu yang menakjubkan. Seperti pada 2010 lalu, para ilmuwan menemukan bukti dari megadanau purba di bawah Gurun Sahara. Diperkirakan danau ini terbentuk sekitar 250.000 tahun lalu saat Sungai Nil tumpah ke daerah itu melalui jalur yang rendah.

Nah, bagaimana detikers, tertarik mengunjungi gurun dan menemukan apa yang ada di bawahnya?

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *