Apel Siaga Perubahan Nasdem, Apanya Yang Berubah?

Apel Siaga Perubahan Nasdem
Apel Siaga Perubahan Nasdem
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Tapi hebatnya, situasi sekarang ini sebagaimana disampaikan SP, tidak sampai pada level mencabut dukungan pada Pemeritahan Jokowi. Revolusi Mental yang dicanangkan Jokowi tetap menjadi rujukan beliau, walaupun SP mencermati gerakan Revolusi Mental itu melemah saat ini. Terbukti Pak Jokowi belakangan ini sudah tidak pernah lagi kita dengar menyebutkan slogan Revolusi Mental.

Apakah Partai Nasdem sudah melaksanakan perubahan untuk persatuan melalui Apel Siaga Perubahan dengan masa ratusan ribu itu? Maaf, rupanya belum. Perubahan untuk persatuan itu baru gagasan, yang akan diimplementasikan jika Anies terpilih menjadi Presiden. SP tidak siap dan mungkin dinilai tidak taktis jika saat ini bersebrangan dengan Jokowi. Demikian juga Presiden Jokowi belum punya keberanian untuk meng”exit” secara total keberadaan Nasdem di pemerintahan. Ini soal waktu dan soal moment, barangkali.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Yang lebih konkrit lagi, perubahan untuk persatuan yang dikampanyekan Partai Nasdem belum menunjukkan realitanya. Contoh konrkit, saat pembahasan RUU Obl Kesehatan. suatu RUU yang memnimbulkan perpecahan yang dalam dikalangan kelompok masyarakat, maupun kelompok masyarakat dengan Pemerintah dan DPR, karena dari awal sudah bermasaalah. Mulai dari Naskah Akademik, proses penyusunan dan pembahasan yang tidak terbuka, substansi yang kontroversial dan sulitnya mendapatkan dokumen DIM yang sedang dibahas, intimidasi terhadap ASN Kesehatan yang menentang RUU, ternyata tidak menjadi sudut pandang yang terfokus, dari Partai Nasdem yang Ketua Umum nya meneriakkan selogan Perubahan untuk Persatuan.

Di Panja Komisi IX RUU Kesehatan, fraksi Nasdem tidak berpihak pada perubahan untuk persatuan, tetapi berpihak pada kekuasaan yang di UU Kesehatan yang baru, semakin terpusatnya kekuasaan pada Pemerintah, dan dihapuskannya 5 Organisasi Profesi dalam norma UU, yang dianggap mungkin sebagai “duri dalam daging” dalam tubuh Pemerintah.

Apakah ini taktik dan strategi Partai Nasdem untuk tetap eksis sebagai partai, dan tidak dipersempit ruang gerak partai sampai dengan berakhirnya kekuasaan, mungkin saja.

Partai Nasdem sedang mempermainkan politik tinggi, dan Anies harus mampu mengelola dengan baik, permainan politik ini, sepanjang dapat mempertahankan integritas, kesabaran, ketenangan, dan tidak terjebak dalam permainan kotor politik.

Kalkulasi politik yang sedang dimainkan Partai Nasdem, dan mensinergikannya dengan kalkulasi Partai Demokrat dan PKS, harus mampu di formulasikan dengan baik oleh Anies, menjadi suatu kekuatan yang solid, kompak dan full power dalam memperjuangkan semangat rakyat yang ingin berubah dan bersatu dalam bingkai NKRI . Pekerjaan itu tidak mudah. Tim 8 lintas partai Nasdem, Demokrat dan PKS harus bekerja keras, bekerja cerdas, dan bersiasat. Rakyat perlu bukti, bukan janji! Ayo Partai Nasdem tunjukkan jati diri sebagai Patriot.

Cibubur, 17 Juli 2023

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *