JIS dan Standar FIFA

JIS dan Standar FIFA
Stadion jis
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Ferdy F. Tjoe dan Alfiansyah advokat dan penggemar sepak bola

Hajinews.id – Konser Coldplay di Indonesia terancam terganggu. Hal ini disebabkan karena pada 23 Juni 2023, FIFA secara resmi menunjuk Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17. Penunjukan FIFA terkesan tiba-tiba dan bahkan tidak terduga oleh sejumlah stakeholder terkait. Penunjukan tersebut banyak pengamat sepak bola yang mengatakan bahwa untuk “mengobati” rasa kekecewaan pemerintah maupun masyarakat Indonesia yang sebelumnya Piala Dunia U-20 batal diselenggarakan di Indonesia.
Piala Dunia U-17 berdasarkan jadwal akan diselenggarakan pada 10 November hingga 2 Desember 2023 yang bersamaan dengan konser Coldplay 15 November 2023. Yang menjadi permasalahan adalah venue yang digunakan oleh Coldplay adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) yang merupakan stadion utama dan bersejarah di Indonesia sehingga tentunya stadion GBK sangat cocok digunakan untuk menjadi stadion utama Piala Dunia U-17 di Indonesia.
Dengan konser Colpday pada 15 November di stadion GBK membuat pertandingan Piala Dunia U-17 kemungkinan kecil dilaksanakan di stadion GBK karena telah disewa oleh Coldplay dan penyelenggaran konser Coldplay pun butuh waktu berhari-hari untuk melakukan persiapan di stadion GBK.
Perdebatan pun tidak dapat dihindari antara penggemar Coldplay yang telah jauh-jauh hari membeli tiket Coldplay dengan penggemar sepak bola. Penggemar sepak bola mengatakan bahwa stadion GBK fungsi utamanya adalah untuk pertandingan sepak bola, sedangkan penggemar Coldplay mengatakan bahwa Coldplay telah lebih dulu menyewa stadion GBK sebelum Indonesia ditunjuk jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17.
Perdebatan tersebut membuat Ketua PSSI sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir angkat bicara. Erick Thohir mengatakan akan mengajak duduk bersama promotor event Coldplay dan mencari jalan tengahnya. Kemudian Erick Thohir akan mengajukan stadion lainnya apabila GBK tidak dapat digunakan seperti Jakarta International Stadium (JIS), Gelora Bung Tomo (GBT), maupun stadion-stadion besar lainnya.
Dibandingkan stadion lainnya, JIS terlihat seperti stadion yang cocok untuk menggantikan stadion GBK untuk stadion utama Piala Dunia U-17 karena letak JIS yang masih di Ibu Kota sama seperti GBK dan arsitektur sama fasilitas JIS yang terlihat mewah seperti stadion-stadion di Eropa.
JIS saat ini dikelola oleh Jakpro yang merupakan BUMD DKI Jakarta. Pembangunan JIS di mulai pada 14 Maret 2019 dan selesai pada pertengahan 2022. Gubernur DKI Jakarta pada saat itu Anies Baswedan, sehingga tidak sedikit yang mengatakan bahwa JIS merupakan salah satu keberhasilan Anies Baswedan membangun stadion international di Jakarta.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *