Hikmah Malam: Amalan Sunnah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jika dianjurkan mengerjakan amalan sunnah sebagian orang senantiasa menganggap bahwa amalan sunnah itu sekedar suatu amalan yg apa bila dikerjakan akan mendapat pahala dan bila ditinggalkan tidak berdosa.

Dan karena pemahaman seperti ini, pada akhirnya menjadikan ia meninggalkan amalan² sunnah, bahkan terkesan meremehkan amalan sunnah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Maka ketahuilah bahwa amalan sunnah juga memiliki banyak pahala dan keistimewaan. Contoh keutamaan shalat sunnah ketika di akhirat, Shalat sunnah memegang peranan yg sangat penting tatkala seorang hamba dihisab amalnya di hari kiamat dan masih dalam kekurangan, maka amalan shalat sunnah ini lah yg kelak akan menjadi “penolong” apabila shalat wajibnya kurang sempurna.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya perkara pertama kali yang dihisab pada hari kiamat dari amal seorang hamba adalah shalat. Jika shalatnya baik, maka sungguh dia beruntung dan selamat. Jika shalatnya buruk, maka sungguh dia celaka dan rugi. Jika terdapat suatu kekurangan pada shalat wajibnya, Allah Ta’ala berfirman, “Periksalah, apakah hamba-Ku memiliki ibadah sunnah yang bisa menyempurnakan ibadah wajibnya yang kurang?” Lalu setiap amal akan diperlakukan sama seperti itu.” (HR. Tirmidzi no. 413, An-Nasa’i no. 466, shahih)

Maka alangkah ruginya jika kita hidup meninggalkan amalan² sunnah, karena berarti kita tidak memperoleh pahala saat ada kesempatan untuk meraihnya.

Dan sebaliknya kita dapat mengamalkan sunnah adalah merupakan anugerah yang besar, sebab amalan sunnah adalah jalan keselamatan, dapat mengantar seseorang pada derajat tinggi, doanya mustajab, mendapat kecintaan, rahmat, petunjuk dan ampunan Allah.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Allah Ta’ala berfirman: Barangsiapa memerangi wali (kekasih)-Ku, maka Aku akan memeranginya. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan wajib yang Kucintai. Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya.”[HR. Bukhari no. 2506]

Karena itu hendaknya mindset tentang sunnah apabila tidak dikerjakan tidak berdosa semacam ini harus mulai kita ubah, sebaliknya jika kita meninggalkan sunnah akan rugi.

Semoga hal ini dapat menjadi motivasi agar kita semangat mengerjakan amalan sunnah dan tak lagi meremehkan amalan sunnah.

Dan semoga Allah memberikan kita taufiq dan hidayahnya agar kita tetap dapat istiqomah mengerjakan amalan² yg wajib dan sunnah. Barakallahu fiikum

*

✍ Habibiequotes, 14/07/23
Ig – www.instagram.com/habibiequotes_
Tg – https://t.me/habibiequotes

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *