9 Makanan Penurun Gula Darah Saat Mengalami Gejala Gula Darah Tinggi

Makanan Penurun Gula Darah
Kacang-kacangan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Cobalah makanan yang rendah gula. Anda bisa mengonsumsi makanan penurun darah jika mengalami gejala gula darah tinggi.

Makanan penurun gula darah ini bisa menjadi obat alternatif selain resep dokter. Untuk pertolongan pertama, Anda bisa mengonsumsi makanan yang menurunkan gula darah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tentu saja, makanan penurun gula darah paling efektif bila dikonsumsi secara teratur dalam jangka waktu tertentu. Pada saat yang sama, Anda juga harus menjalani gaya hidup sehat.

Menurut situs Rumah Sakit Siloam, untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, pasien diabetes harus makan makanan yang seimbang dan bergizi. Cobalah untuk memilih makanan dengan indeks glikemik rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah adalah makanan yang dicerna tubuh dengan lambat sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan.

Berikut daftar makanan penurun gula darah yang bisa Anda coba:

  1. Kacang-kacangan

Makanan penurun gula darah yang pertama adalah kacang-kacangan. Kacang diketahui memiliki kandungan serat dan protein tinggi. Selain itu, kacang juga mengandung karbohidrat kompleks dan mempunyai indeks glikemik rendah.

Oleh sebab itu, kacang lebih lama diubah menjadi glukosa, sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara drastis. Tak sampai di situ, makanan ini juga diperkaya dengan magnesium yang bermanfaat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Makanan penurun gula darah selanjutnya adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran hijau diketahui tidak mengandung pati, di mana sayuran berpati memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan indeks glikemik tinggi.

Selain memiliki indeks glikemik rendah, sayuran hijau juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin melimpah yang dapat membantu melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula. Kedua kondisi tersebut termasuk komplikasi diabetes yang cukup sering dialami.

  1. Ceri

Makanan penurun gula darah yang ketiga adalah buah ceri. Perlu diketahui penyebab meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh yaitu karena insulin tidak dapat bekerja secara optimal dalam mengontrol gula darah. Kabar baiknya, buah ini kaya akan kandungan anthocyanin yang memengaruhi sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung anthocyanin, maka sensitivitas tubuh terhadap insulin dapat meningkat dan bisa bekerja dengan baik dalam mengontrol kadar gula darah.

  1. Tomat

Makanan penurun gula darah yang keempat adalah tomat. Tomat mengandung likopen dan anthocyanin yang tergolong sebagai antioksidan. Zat pada tomat tersebut bahkan dianggap memiliki efek serupa dengan obat antidiabetes acarbose yang berfungsi memperlambat serta mengurangi pelepasan gula dalam darah.

  1. Makanan Tinggi Protein
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *