Di Mana Kiswah Ka’bah Yang Sudah Tidak Terpakai?

Kiswah Ka'bah
Kiswah Ka'bah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Proses penggantian kiswah Ka’bah sudah selesai. Kain hitam yang menutupi Ka’bah telah diganti sesuai dengan 1 Muharram 1445 Hijriah.

Banyak yang kemudian bertanya-tanya tentang “nasib” Kiswah lama.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ahmed bin Mohammad Al Mansouri, Direktur Jenderal kompleks Ka’bah King Abdul Aziz, melaporkan dari Al Arabiya bahwa kiswah lama tidak dibuang atau dihancurkan. Kiswah yang diganti akan disimpan di tempat yang aman.

Ahmed bin Mohammad Al Mansouri menjelaskan, bekas kiswah itu akan ditempatkan di lokasi khusus di kawasan gudang pemerintah. Lokasinya cukup aman untuk menghindari reaksi kimia atau masuknya bakteri yang dapat merusak kain. Dengan begitu, kiswah lama akan tersimpan rapi di tempat yang aman.

Namun, kadang-kadang, kiswah dapat dipotong kecil-kecil dan dibagikan sebagai hadiah atas permintaan otoritas yang lebih tinggi. Inilah mengapa beberapa orang memiliki potongan kiswah.

Mulai tahun 1444 M atau 2022 M, Kiswah Ka’bah akan diganti setiap tanggal 1 Muharram, bertepatan dengan Tahun Baru Islam. Sebelumnya, kiswah diganti setiap jemaah menerima Wukuf di Arafah pada hari kesembilan Zulhijjah.

Kiswah yang baru telah terpasang menutup Kakbah. Lembaran kain ini disulam menggunakan 9.900 benang sutra per meternya. Kain sutra berkualitas terbaik ini akan diberi pewarna hitam.

Selanjutnya, kain sutra akan dihias dengan ayat-ayat Al-Qur’an pada bagian sabuk Kakbah dan menyulamnya secara manual. Ayat-ayat Al-Qur’an akan disulam dengan benang kawat perak berlapis emas.

Sebelum dipasang, petugas akan melakukan pengecekan kualitas untuk memastikan bahwa kiswah benar-benar telah siap untuk dipasang. Belasan orang telah dilatih secara khusus untuk menjalankan proses penggantian kiswah.

Kiswah diganti dengan disaksikan ratusan umat muslim yang berada di Masjidil Haram. Proses penggantian kiswah Kakbah berlangsung pada 1 Muharram 1445 H pada waktu bada Ashar hingga tengah malam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *