Hikmah Malam: Cermin Diri

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



โ€๐Ÿ’กู‚ุงู„ ุจุนุถ ุงู„ุญูƒู…ุงุก:

โ€”ูŠู†ุจุบูŠ ู„ู„ุนุจุฏ ุฃู† ูŠู†ุธุฑูƒู„ ูŠูˆู… ููŠ ุงู„ู…ุฑุขุฉ
โ€ ูุฅู† ุฑุฃู‰ ุตูˆุฑุชู‡ ุญุณู†ุฉ ู„ู… ูŠุดู†ู‡ุง ุจู‚ุจูŠุญ ูุนู„ู‡ุŒ
โ€ูˆุฅู† ุฑุขู‡ุง ู‚ุจูŠุญุฉ ู„ู… ูŠุฌู…ุน ุจูŠู† ู‚ุจุญ ุงู„ุตูˆุฑุฉ ูˆู‚ุจุญ ุงู„ูุนู„”.!

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Para Ahli hikmah berkata :

Sepatutnya seorang hamba melihat dirinya di cermin setiap hari , jika ia melihat wajahnya baik , maka ia tidak akan menodainya dengan perilaku yang buruk dan jika ia melihat rupanya buruk , maka ia tidak akan menggabungkan antara buruknya rupa dengan buruknya perbuatan.

Cermin dalam bahasa Arab di sebut dengan ู…ุฑุฃุฉ ( Mir’ah ) ia seakar dengan kata ู…ุฑุฃุฉ ( Mar’ah ) yang berarti wanita , itu semua karena perempuan suka berlama – lama di depan cermin

Ketika bercermin kita di anjurkan membaca doa ” ุงู„ู„ู‡ู… ูƒู…ุง ุญุณู†ุช ุฎู„ู‚ู‰ ูุญุณู† ุฎู„ู‚ู‰ ” Ya Allah sebagaimana engkau perbaiki rupakuย  maka perbaikilah akhlakku .

Keindahan rupa dan fisik tidak akan berarti apa apa jika tidak di iringi dengan kemuliaan akhlak dan rupa yang biasa saja bisa menjadi terhormat jika memilki akhlak yang mempesona

Dari Abu Hurairah berkata, โ€œRasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ู ู…ูุฑูŽุขุฉู ุฃูŽุฎููŠู’ู‡ูุŒ ุฅูุฐูŽุง ุฑูŽุฃูŽู‰ ูููŠู’ู‡ู ุนูŽูŠู’ุจุงู‹ ุฃูŽุตู’ู„ูŽุญูŽู‡ู

โ€œSeorang mukmin adalah cermin bagi saudaranya. Jika dia melihat suatu aib pada diri saudaranya, maka dia memperbaikinya.โ€ (Hasan secara sanad)

Namun dalam kehidupan sehari hari kita lebih patuh nasihat yang diberikan cermin ketika ia mengabarkan bahwa rambut kita berantakan , tetapiย  tidak segera memperbaiki perilaku kita , ketika ada sahabat yang menasihati .

Cermin adalah teman terbaik ,karena ia tidak pernah tertawa saat kita menangis .

Cermin adalah sahabat yang jujur , karena ia selalu mengabarkan tentang diri kita apa adanya , jika baik ia sebut baik dan jika ada kesalahan ia tidak segan memberitahukannya apa adanya .

Karenanya sering seringlah bercermin diri dan tanyalah kepada hatimu yang masih suci , karena hati yang hidup tidak akan pernah berdusta tentang apa yang di lakukan oleh sipemilik hati .

Ustadz Faisal Kunhi MA

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *