Proyek IKN Dilanjut atau Tidak? Ini Jawaban Anies Baswedan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Jelang Pilpres, pengembangan ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur yang digagas Presiden Joko Widodo dipertanyakan kelanjutannya saat presiden berganti. Bakal Calon Presiden Anies Baswedan pun bicara soal pandangannya menyikapi hal itu.

Anies tak menjawab tegas apakah akan meneruskan pengembangan proyek IKN atau tidak. Namun, menurut mantan Gubernur DKI itu perlu pembahasan yang mendalam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dia menekankan diteruskan atau tidaknya proyek IKN jangan ditentukan atas dasar selera pribadi pemangku kebijakan.

“Jadi ini bukan selera saya akan teruskan atau tidak, justru harus libatkan semua,” ungkap Anies dalam dialog pada IDE Conference 2023 di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (20/7/2023).

Masalah kelanjutan proyek IKN menurut Anies harus dikaji secara matang termasuk mempertimbangkan proyek itu dengan pandangan ilmu pengetahuan, data, dan fakta di lapangan.

Bila ternyata setelah dikaji hasilnya baik, maka bisa saja diteruskan, sebaliknya bila hasilnya kurang baik maka tidak perlu diteruskan.

“Unsur ilmu pengetahuan, data dan fakta, itu jadi penentu untuk pengambilan keputusan. Kalau itu dipandang sebagai sesuatu yang objektif dan assesment-nya itu baik, let’s proceed. Tapi kalau tidak jangan,” papar Anies.

Anies menegaskan ke depan apabila terpilih jadi presiden, dirinya akan menomorsatukan pertimbangan teknokratis daripada pertimbangan politis.

“Ke depan kita harus menomorsatukan pertimbangan teknorasi di atas pertimbangan politik. Biarkan teknokrasi mendominasi. Kalau itu baik secara assessment itu baik ya proceed, bila harus dikoreksi tunjukkan letak koreksinya,” beber Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali menegaskan sebagai pengambil keputusan jangan sampai hanya menggunakan selera dan aspirasi pribadi untuk pertimbangannya.

“Jangan sampai pengambil keputusan sekedar menetapkan apa yang jadi aspirasi dirinya tanpa ada data dan pandangan para expert,” sebut Anies.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *