5 Sayuran Yang Harus Dihindari Saat Asam Urat Kumat

Sayuran Yang Harus Dihindari Saat Asam Urat Kumat
Sayuran. Foto: pixabay
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Sayuran dan buah-buahan diketahui memiliki seribu manfaat bagi tubuh manusia. Namun, tergantung kesehatanmu, tidak selalu baik untuk makan semua sayuran dan buah-buahan.

Misalnya, penderita asam urat harus menghindari jenis sayuran tertentu. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai jenis-jenis sayuran dan mengapa Anda harus menghindarinya, baca ulasan di bawah ini!

1. Bayam

Makanan Untuk Penderita Diabetes
bayam

Ketika asam urat sedang kambuh dan tidak terkendali, Beauties harus lebih berhati-hati memilih asupan makanan harian, termasuk sayuran. Salah satu sayuran yang sebaiknya dihindari saat asam urat naik menurut Lybrateadalah bayam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Alasannya karena bayam mengandung senyawa kimia purin yang tinggi. Purin bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah, sehingga tidak baik untuk Beauties yang memiliki penyakit asam urat.

2. Asparagus

Sayuran yang biasanya dikonsumsi dengan steak atau daging panggang ini juga sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat. Mengutip dari Everyday Health, sama seperti bayam, asparagus juga memiliki kandungan purin yang tinggi.

Saat kondisi tubuh sedang normal, zat purin bisa dipecah dengan sempurna dan asam urat mudah diserap oleh darah. Tetapi, ketika asam urat berlebih atau memang sedang di atas normal, asam urat akan menumpuk dan membuat tubuh tambah nyeri terutama di bagian persendian.

3. Tomat

Manfaat Tomat
Manfaat Tomat

Sayuran yang satu ini meski tidak memiliki kandungan purin yang tinggi, tetapi bisa memicu kambuhnya asam urat dalam tubuh. Mengutip dari VeryWellHealth, tomat memiliki sedikit pemicu asam urat yaitu karena kandungan glutamat dan asam fenolik.

Pendapat mengenai tomat bisa memicu asam urat memang masih diperdebatkan. Tetapi, memang ada sebagian orang yang sensitif dengan tomat dan membuat kandungan asam urat meningkat.

4. Kembang Kol

Jaga Kesehatan Ginjal
Kembang Kol

Kembang kol yang enak untuk diolah menjadi capcay ini juga sebaiknya dihindari ketika kadar asam urat sedang tinggi. Kandungan purin yang tinggi dalam kembang kol inilah yang menjadi penyebabnya.

Mengutip dari Taylor and Francis Online, kandungan purin dalam kembang kol per-100 gramnya mencapai 42,6 mg dalam keadaan mentah dan 43,2 mg dalam keadaan matang. Sedangkan, untuk konsumsi batas normal asam urat adalah 400 mg/hari.

5. Kacang Polong

Sayuran terakhir yang harus dihindari saat asam urat sedang tidak terkendali, yaitu kacang polong. Sayuran ini juga termasuk ke dalam jenis yang memiliki kandungan purin menengah.

Maka dari itu untuk berjaga-jaga sebaiknya hindari mengonsumsi kacang polong atau mengurangi porsinya. Dikutip dari LiveStrong.com, kandungan purin dalam 100 gram kacang polong bisa mencapai 50-150 gram.

Nah, itulah kelima sayuran yang harus dihindari bagi penderita asam urat. Meskipun kenaikan level asam urat tidak sebanyak saat mengonsumsi makanan berprotein, tapi lebih baik ganti dengan sayuran lain.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *