7 Obat Alami Yang Disebutkan Dalam Al-Qur’an dan Hadist

Obat Alami Yang Disebutkan Dalam Al-Qur'an
madu
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Sebagai pedoman hidup manusia, Al-Qur’an memuat ajaran-ajaran yang diberikan Allah SWT secara lengkap dan komprehensif. Al-Qur’an tidak hanya memperkenalkan hukum, ilmu pengetahuan, iman dan tauhid, tetapi juga menjelaskan segala sesuatu yang diperlukan termasuk pengobatan alami.

Dahulu kala, Nabi Muhammad sering memberikan nasehat tentang bersuci dan pencegahan penyakit. Dalam hadits, Nabi Muhammad menganjurkan penggunaan madu untuk berbagai penyakit.

Tak hanya itu, obat alami lain yang juga digunakan Nabi Muhammad antara lain jintan hitam yang memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menetralkan racun, melawan stres, dan lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Keistimewaan jintan hitam ini juga tertulis di dalam salah satu riwayat hadist, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian.” (HR Bukhori dan Muslim). 

Berikut adalah 6 obat-obatan alami dalam Al Quran dan Hadist:

1. Kurma

Kurma merupakan tumbuhan yang paling banyak disebutkan di dalam al-Qur’an. Dalam kitab Mu’jam Al-Mufahras li Al-Fazhil Qur’an, ‘Abd al-Baqi menjelaskan bahwa dalam al-Qur’an kurma dimuat sebanyak 20 kali dalam 16 surat.

Salah satu ayat dalam kitab suci yang menyebut kurma adalah Surat Maryam ayat 23-25. Dua ayat tersebut berkisah tentang derita dan rasa sakit yang mendera Maryam ketika hendak melahirkan. Ia bersandar ke pangkal pohon kurma. Kemudian Allah melalui malaikat Jibril memerintahkan Maryam untuk menggoyang pangkal kurma itu ke arahnya, kemudian gugurlah buah kurma yang masak, untuk dimakan dan sebagai obat rasa sakit ketika melahirkan.

Kurma mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Manfaat nutrisinya dapat mendukung kesehatan otak dan mencegah penyakit.

Salah satu antioksidan yang terdapat dalam kurma adalah phenolic acid. Zat inidapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Studi laboratorium menemukan kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer.

2. Zaitun

Manfaat Minum Minyak Zaitun
Manfaat Minum Minyak Zaitun

Zaitun disebutkan tujuh kali dalam Al-Qur’an. Hal ini menunjukkan betapa penting buah tersebut dalam sejarah perkembangan Islam.

Buah zaitun tidak hanya memiliki nilai gizi, obat dan kosmetik; tapi juga memenuhi fungsi agama sebagai tanda kebesaran Allah SWT.

Dalam Surat Al Mu’minun ayat 20, Al-Quran memberitahu tentang buah-buahan yang harus dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menyediakan minyak dan bumbu untuk dimakan.

Banyak orang memilih minyak dari buah zaitun sebagai pilihan minyak yang lebih sehat dibanding minyak kelapa sawit.

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sekitar 75%. Saat menggantikan lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dari zaitun membantu menurunkan kolesterol jahat.

Manfaat kesehatan dari minyak zaitun dikaitkan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

3. Jahe

Sejak ribuan tahun lalu, jahe sudah digunakan untuk mengobati beragam penyakit. Bahkan, jahe disebut sebagai rempah paling menyehatkan di bumi

Tumbuhan herbal ini juga ternyata disebut dalam Al Quran.

“Dan di sana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe.” – QS Al Insan ayat 17.

Ayat tersebut bercerita mengenai gambaran surga. Allah menyebut bahwa penghuni surga akan diberi minuman dengan campuran jahe.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *