Hikmah Malam: Haruskah Kita Puasa Tasu’a?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Ustadz Khalid Basalamah 

Selain berpuasa pada hari kesepuluh kita juga dianjurkan agar berpuasa juga pada hari kesembilannya, hal ini bertujuan agar tidak tasyabbuh (menyerupai) orang-orang Yahudi, dimana kala itu mereka hanya berpuasa pada tanggal 10 Muharram saja, dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘anhuma berkata,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

حِينَ صَامَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ يَومَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بصِيَامِهِ قالوا: يا رَسولَ اللهِ، إنَّه يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ اليَهُودُ وَالنَّصَارَى، فَقالَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: فَإِذَا كانَ العَامُ المُقْبِلُ -إنْ شَاءَ اللَّهُ- صُمْنَا اليومَ التَّاسِعَ، قالَ: فَلَمْ يَأْتِ العَامُ المُقْبِلُ حتَّى تُوُفِّيَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ

_“Ketika Rasulullah ﷺ berpuasa pada hari Asyura (10 Muharram) dan beliau memerintahkan untuk berpuasa padanya, maka para sahabat berkata, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya Asyura adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nasrani.’ Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Kalau begitu tahun depan -insyaAllah- kita akan berpuasa pada hari kesembilan (juga).’ Ibnu Abbas berkata, ‘Belum sampai tahun depan, Rasulullah ﷺ wafat.’”_ (HR. Muslim no. 1134)

Allahu Ta’ala a’lam bisshowaab
———————————–
Berlomba-lomba dalam kebaikan dengan share, tag, mention ke orang lain. 1 orang yang tau ilmu karena info dari kamu, insyaAllah bernilai pahala karena mengajak kepada kebaikan.

Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” [HR. Muslim].

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *