FIFA Infokan Penggantian Rumput JIS Karena Berbahaya, Anies: Rerumputan Di Kaki Gunung Merapi Diekspor Ke Mana-Mana

Penggantian Rumput JIS Karena Berbahaya
Rumput JIS
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Ketum PSSI Erick Thohir sejak awal menegaskan PSSI Stadion Internasional Jakarta (JIS) yang akhir-akhir ini banyak dikritik karena gagal memenuhi standar FIFA tidak akan menjadi mainan politik.

Erick mengungkapkan, agar Indonesia sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, PSSI usulkan JIS sebagai salah satu venue tuan rumah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Untuk menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 tahun 2023, JIS mendapat review awal dari FIFA.

“Terkait hasil laporan kondisi JIS, FIFA menyampaikan bahwa perlu dilakukan penggantian rumput beserta pemeliharaannya. Terkait hal tersebut, kami akan follow up, termasuk menerima kunjungan FIFA pada 28 Agustus nanti yang juga akan mengecek stadion-stadion yang kita usulkan untuk FIFA U-17,” ujar Erick dalam Konferensi Pers di Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Tak hanya JIS, PSSI tambah Erick juga ingin ada enam hingga delapan stadion yang ada di seluruh Indonesia punya standar sesuai FIFA.

Baik rumput maupun standar keamanan, kenyamanan, dan kelayakan untuk memanggungkan laga internasional.

Dengan mengacu pada hasil penilaian awal manajemen lapangan, FIFA mencatat bahwa saat ini, permukaan lapangan JIS menggunakan sistem tipe karpet dengan pengisi 60 mm di bagian atas. Bagian tersebut biasanya terbuat dari bahan jenis organik.

FIFA mengemukakan kesulitan yang akan timbul jika mempertahankan sistem seperti itu. Kesulitannya adalah efektivitas akar yang sulit mencapai bagian alas karpet karena terhalang jarak 5 cm, antara zona akar atas dan zona akar bawah yang membuat pertumbuhan akar menjadi tidak efektif.

Lapangan dengan jenis karpet seperti ini juga akan mempersulit proses perawatan dengan mekanisme tertentu.

Hal ini telah menjadi masalah yang umum dengan beberapa jenis karpet yang tersedia di pasaran.

Sebelumnya Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai pihak yang mengagung-agungkan JIS sebagai standion kelas dunia, pernah menjelaskan rinci asal muasal rumput JIS yang diyakininya telah sesuai standar FIFA.

Saat berbincang bersama Dahlan Iskan di Podcast yang tayang di YouTube, Anies menjelaskan rumput JIS murni didatangkan dari dalam negeri. Tepatnya dari Boyolali, Jawa Tengah.

“Rumputnya dari Boyolali. Ada campuran sintetisnya, hybrid. Jadi hybrid, rumput sintetis, dan ada rumput alami,” ungkap Anies dilansir pada Rabu (26/7/2023).

Anies membeberkan alasannya memilih rumput sintetis karena fungsinya untuk mengikat akar sehingga menjadi potongan-potongan yang bila ada masalah pada rumput itu bisa diangkat kapan saja.

“Rumputnya berstandar FIFA dari Boyolali. Jadi di kaki gunung Merapi ada tempat untuk penumbuhan rumput bertaraf internasional dan itu berstandar FIFA dan yang diekspor kemana-mana,” ungkap Anies bangga. (*)

Sumber: fajar

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar