Apakah Tidur Miring Ke Kanan Baik Untuk Jantung Anda? Ini Menurut Alquran Dan Sains

Tidur Miring Ke Kanan Baik Untuk Jantung
Tidur Miring Ke Kanan Baik Untuk Jantung
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Benarkah tidur miring ke kanan baik untuk jantung?? Inilah penjelasan Al-Qur’an dan tafsir. Bagi manusia, sangat penting untuk memahami cara menjaga kesehatan tubuh.

Rasulullah SAW mengajarkan adab saat tidur. Selain membaca doa, ia selalu berbaring di depan dengan posisi ke kanan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagaimana disebutkan dalam salah satu hadits. Rasulullah meriwayatkan Al Barra’ ibn Azib, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang artinya:

“Jika ingin mendatangi pembaringanmu, maka berwudhulah dengan wudhu sholat, kemudian berbaringlah dengan menyamping ke kanan, lalu bacalah:

Allahumma aslamtu wajhi ilaika, wa fawwadhtu amri ilaika, wa alja‘tu dhahri ilaika raghbatan wa rahbatan ilaika, la malja‘a wala manja minka illa ilaika, amantu bikitdbika alladzi anzalta wa binabiyyika alladzi arsalta

(Ya Allah, kuserahkan wajahmu kepada-Mu, dan kuserahkan urusanku kepada-Mu, kurebahkan punggungku kepada-Mu dengan penuh kecintaan dan ketakutan kepada-Mu. Tak ada tempat berlindung dan keselamatan dari-Mu kecuali Engkau. Aku beriman kepada kitab-Mu yang Kau turunkan dan kepada nabi-Mu yang Kau utus).

Apabila kau mati pada malammu itu, niscaya kau tetap dalam keadaan fitrah. Jadikan semua doa itu adalah akhir dari apa yang kau ucapkan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dilansir “Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah” karya Dr Nadiah Thayyarah, kerap kali seseorang berbaring atau merebahkan diri di atas kasur dengan posisi telungkup atau telentang, menghadap ke kiri atau menyamping ke kanan. Tetapi kira-kira posisi apa yang paling ideal bagi fungsi organ-organ tubuh?

Menurut dr Zhaflr al Aththar, ketika seseorang tidur telungkup, beberapa saat kemudian ia akan merasa sesak napas, karena dadanya sulit berkontraksi saat bernapas. Posisi telungkup juga dapat menyebabkan pembengkokan tulang belakang leher. Selain itu, posisi ini membuat letih jantung dan otak.

Selain itu, seorang peneliti dari Australia menemukan adanya peningkatan persentase kematian mendadak pada anak-anak yang terbiasa tidur telungkup. Bahkan jumlahnya mencapai tiga kali lipat dibanding anak-anak yang biasa tidur miring ke kiri atau ke kanan.

Kemudian Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam melihat seorang laki-laki tidur telungkup, maka beliau pun bersabda yang artinya: “Tidur semacam ini dibenci Allah dan Rasul-Nya.” (HR Ahmad dan Tirmidzi)

Adapun tidur dengan posisi telentang, menurut dr Al Atthar, dapat memaksa seseorang bernapas dengan mulutnya. Sebab ketika telentang, mulut terbuka lebar akibat pelemasan pada rahang bagian bawah. Padahal, organ yang disediakan untuk bernapas adalah hidung dengan bulu-bulu dan cairannya yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *