7 Tanda Sirkulasi Darah Buruk, Jangan Diremehkan

Tanda Sirkulasi Darah Buruk
Kram otot
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Sirkulasi yang buruk bisa berdampak serius bagi kesehatan. Sebaiknya jangan meremehkan tanda-tanda sirkulasi yang buruk berikut ini.

Sirkulasi yang buruk berarti sistem peredaran darah terganggu. Jika sirkulasi darah normal, darah dapat memasok nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan sel.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sirkulasi yang buruk dapat mencegah sel mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik, lapor Klinik Cleveland.

Ini adalah tanda bahwa sirkulasi darah Anda tidak lancar.

  1. Kram otot

Salah satu tanda sirkulasi darah kurang lancar adalah kram otot. Biasanya kram terjadi di kaki dan bertambah parah saat berjalan sebab tubuh memenuhi kebutuhan darah beroksigen.

Dilansir dari WebMD, kram akan Anda rasakan di betis, paha, dan bokong. Kadang kram seperti ini bukan persoalan serius. Namun saat kram kerap terjadi, Anda patut curiga bahwa sirkulasi darah yang buruk disebabkan klaudikasio. Klaudikasio berarti kondisi penyempitan arteri karena penumpukan plak di sepanjang dinding pembuluh.

  1. Bengkak

Sirkulasi darah yang buruk bisa mengakibatkan pembekuan darah. Gumpalan darah bisa menyumbat pembuluh darah.

Penyumbatan bisa terjadi di kaki bawah, lengan, atau perut. Saat darah kembali mengalir lancar, sebagian orang bisa mengalami pembengkakan dan nyeri akibat kerusakan pembuluh darah.

  1. Varises

Varises merupakan kondisi pembuluh darah yang membesar dan biasa muncul di kaki. Varises berkembang bila ada tekanan ekstra pada pembuluh darah di tubuh bagian bawah atau karena kerusakan pembuluh darah.

Pembuluh darah yang rusak tidak bisa mengalirkan darah seefisien pembuluh darah sehat. Melansir dari Healthline, varises akan memicu gejala kaki berat, sakit, sensasi seperti terbakar dan rasa gatal.

  1. Mati rasa dan kesemutan

Anda langsung tahu kalau sirkulasi darah kurang lancar saat merasakan mati rasa dan kesemutan baik di tangan atau kaki. Kesemutan terjadi saat alirah darah tidak bisa mencapai kaki dan tangan atau bisa karena aliran darahnya tidak cukup.

  1. Tangan dan kaki terasa dingin

Kurang aliran darah membuat tangan dan kaki terasa lebih dingin dari bagian tubuh lain.

Saat darah tidak dapat mengalir dengan kecepatan yang sehat, terjadi perubahan suhu pada kulit dan ujung saraf tangan dan kaki.

  1. Edema

Sirkulasi yang buruk mengakibatkan penumpukan cairan pada area tubuh tertentu atau disebut edema. Edema biasanya ditemukan pada kaki, tumit, dan telapak kaki.

Dilansir dari Medical News Today, edema juga merupakan salah satu tanda gagal jantung. Jantung tidak dapat memberikan pasokan darah yang cukup ke seluruh tubuh.

  1. Susah konsentrasi

Saat Anda susah konsentrasi dan mengingat apa yang dipelajari, bisa jadi sirkulasi darah kurang lancar. Hal ini terjadi saat sirkulasi darah yang buruk mempengaruhi fungsi otak.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *