5 Amalan Yang Insya Allah Akan Panjang Umur dan Berkah, Salah Satunya Adalah Banyak Bersedekah

Amalan Yang Insya Allah Akan Panjang Umur
Amalan Yang Insya Allah Akan Panjang Umur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajnews.id Panjang umur dan berkah menjadi harapan banyak orang. Tampaknya ada hal seperti itu, jika Allah menghendaki, dengan beberapa amalan yang saleh dapat dicapai.

Mengenai umur panjang dan keberkahan, hal ini dijelaskan dalam hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam. Seorang Arab Badui dari Abdullah bin Busr bertanya kepada Nabi siapa manusia yang paling baik? Beliau menjawab:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ

“(Yang paling baik adalah) yang panjang umur dan baik pula amalnya.” (HR Tirmidzi nomor 2329; Ahmad, 4: 190. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan hadits ini hasan)

Nah, berikut ini amalan salih yang Insya Allah bisa membuat seorang Muslim memiliki umur panjang dan berkah, sebagaimana telah dihimpun:

1. Banyak berdzikir

Berdzikir tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, tapi juga fisik. Dengan berdzikir akan mendapat ketenangan batin. Dzikir menjadi obat bagi hati yang gelisah dan cemas berlebihan sebab Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan banyak petunjuk.

Seperti dilansir laman Jatman, dzikir juga mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kortisol yang memicu stres dan depresi. Berdzikir juga mampu membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak. Bahkan melalui metode dzikir banyak orang yang sembuh dari kecanduan narkoba.

2. Menyambung tali silaturahmi

Menyambung silaturahmi dan banyak bersosialisasi mampu meminimalisasi stres, depresi, dan rasa cemas. Bisa juga meningkatkan sistem imun serta meminimalisasi risiko terjadi demensia.

Selain punya manfaat untuk kesehatan fisik, silaturahmi juga sangat baik untuk kesehatan mental. Terutama saat kamu bergaul dan dekat dengan orang-orang baik yang menjadi kecintaan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

3. Banyak sedekah

Dalam hadits disebutkan bahwa sedekah bisa menjadi pelindung dari musibah dan keburukan. Sedekah juga bisa menjadi obat dan penyembuh bagi penyakit kamu dan mencegah mati dalam keadaan suul khatimah.

Dalam satu riwayat juga dikatakan bahwa sedekah mampu menghilangkan bala dan menambah usiamu.

Perlu diingat, sedekah jangan diartikan sempit hanya dengan harta. Setiap kebaikan yang dilakukan juga bisa bernilai sedekah.

Dengan bersedekah, tentu lebih memiliki perasaan yang berbahagia dan membuat kehidupan menjadi lebih baik karena makin disayang Allah Subhanahu wa Ta’ala.

4. Berpikir positif

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh tim peneliti Harvard, menyimpulkan bahwa selalu mengambil sisi positif akan menurunkan risiko kematian akibat penyakit kanker, jantung, dan infeksi.

Para ahli juga mengatakan, orang yang optimis yaitu yang selalu berharapan positif bisa langsung berpengaruh kepada kondisi biologisnya, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan laju penuaan sel, serta menurunkan kadar peradangan.

5. Banyak membaca

Berdasarkan penelitian dari Yale University’s School of Public Health, disebutkan bahwa mereka yang meluangkan waktunya untuk membaca buku memiliki kesempatan hidup yang lebih lama ketimbang yang tidak.

Selain itu, membaca buku juga akan meningkatkan daya ingat dan kecerdasan kamu sekaligus mampu mencegah penyakit alzheimer. Terlebih lagi jika membaca biografi dan merenungi nasihat orang-orang salih, niscaya itu akan mengobati penyakit hati.

Wallahu a’lam bisshawab.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *