7 Tips Hidup Sehat ala Rasulullah SAW Yang Patut Diteladani

Tips Hidup Sehat ala Rasulullah
Melihat cahaya matahari di waktu pagi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Tips hidup sehat ala Rasulullah SAW yang bisa diikuti dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu diungkapkan dr Zaidul Akbar yang menjadi bintang tamu di kanal YouTube Helmi Yahya.

Hidup sehat bukan hanya tentang makanan, tetapi juga tentang tindakan kebaikan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Rasulullah SAW mengajak umatnya untuk memberikan nutrisi tubuh yang cukup dan istirahat yang cukup. Dia adalah karakter yang paling sehat karena dia hanya menderita dua kali dalam hidupnya, ketika dia diracuni oleh orang Yahudi dan ketika dia mendekati akhir hidupnya.

Penasaran dengan tips hidup sehat ala Rasulullah SAW? Inilah pembahasannya.

7 Tips hidup sehat ala Rasulullah

1. Perhatikan apa yang dimakan

Surah Abasa ayat 24 menyebutkan فَلْيَنظُرِ الْإِنسٰنُ إِلَىٰ طَعَامِه yang artinya “maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya”. Hal ini bermaksud bahwa manusia harus berhati- hati dalam mengkonsumsi makanan karena dalam makanan mengandung bahan yang dapat membahayakan tubuh.

2. Mengontrol nafsu makan

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya agar tidak makan secara berlebihan. makan berlebihan adalah tindakan yang dekat dengan kemudaratan dan jauh dari kebaikan. Sebab, sumber segala penyakit adalah memasukkan segala makanan ke dalam perut yang sudah penuh oleh makanan.

3. Tidur cukup 6-8 jam

Rasulullah SAW biasanya tidur sekitar pukul 21.00 atau selepas sholat Isya . kemudian bangun disepertiga malam. Menurut penelitian tenyata pukul 9 malam sampai 3 pagi adalah waktu tubuh mengalami metabolisme yang dapat berlangsung optimal bila tubuh dalam kondisi rileks atau kurang tidur.

4. Posisi tidur miring ke kanan

Cara Rasulullah SAW tidur adalah menghadap ke arah kanan, hal ini karena dapat meringankan beban jantung. Jantung akan akan condong ke kanan dan menekan paru paru kanan yang ukurannya lebih besar.

5. Mengonsumsi sebelum tidur

Rasulullah SAW menganjurkan untuk mengonsumsi habbatussauda sebelum tidur,hal ini berfungsi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

6. Hindari Makan di Malam Hari

Kebiasaan makan di malam hari diketahui berkaitan dengan pola makan yang tidak sehat, karena hal itu dapat membuat berat badan naik.

7. Melihat cahaya matahari di waktu pagi

Secara umum sinar matahari pagi bermanfaat untuk memproduksi vitamin D secara alami. Selain itu dapat mengurangi risiko depresi dan meningkatkan kualitas tidur.

Itu dia beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *