Hikmah Siang: Saat Catatan Amal Dibagi

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Ustadz Najmi Umar Bakkar

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman :

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

وَتَرَى كُلَّ أُمَّةٍ جَاثِيَةً كُلُّ أُمَّةٍ تُدْعَى إِلَى كِتَابِهَا الْيَوْمَ تُجْزَوْنَ مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ

“Dan (di hari itu) kamu lihat Tiap2 umat berlutut. Tiap2 umat akan dipanggil utk (melihat) “buku catatan amalnya”. Pada hari itu kamu diberi BALASAN terhadap APA yang Telah kamu KERJAKAN” (QS. Al-Jaatsiyah [45]: 28)

Semuanya berlutut menunggu dipanggil untuk menghadap “Rabb” semesta alam. Ketika seorang Hamba itu “Tahu” bahwa Dirinyalah yang Dicari dengan Panggilan itu, maka Seruan itu pun akan Langsung menggetarkan hati dan kulitnya.

Tubuhnya akan gemetar, dan ketakutan yg besar pun langsung menyelimutinya. Berubahlah rona wajahnya dan menjadi “Hampalah Pikirannya”. Kemudian kitab Catatan amal dibentangkan dan dibuka, lalu dia disuruh utk membaca kitabnya :

اِقْرَأْ كِتَابَكَ كَفَى بِنَفْسِكَ الْيَوْمَ عَلَيْكَ حَسِيْبًا

“Bacalah kitabmu, cukup dirimu di waktu ini Sebagai Penghisab terhadapmu” (QS. Al-Isro’ [17]: 13-14)

“Dan diletakkanlah kitab (catatan amal), lantas engkau pun akan “Melihat” orang yg Berdosa Merasa Ketakutan Terhadap apa yang Telah (Tertulis) di dalamnya, & mereka berkata : “Oh, Betapa Celakanya kami, Kitab apakah ini, TIDAK ADA Yang Tertinggal, baik yang kecil maupun yang besar melainkan TERCATAT semuanya”, serta mereka dapati “(semua)” apa yang Telah mereka kerjakan (TERTULIS). Dan Tuhanmu Tidaklah Menzhalimi Seorang jua pun” (QS. Al-Kahfi [18]:

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *