Alhamdulillah! Tanpa Renovasi, JIS resmi menjadi Venue Piala Dunia U-17

JIS resmi menjadi Venue Piala Dunia U-17
JIS resmi menjadi Venue Piala Dunia U-17
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Jakarta International Stadium (JIS) kini resmi masuk dalam daftar venue rekomendasi FIFA untuk pertandingan Piala Dunia U-17 tahun 2023 meski lama dan tidak ada renovasi.

Dengan kapasitas hingga 82.000 penonton, JIS akan menggantikan stadion utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk Piala Dunia U-17.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Terkait keputusan FIFA tersebut, banyak netizen khususnya para pegiat media sosial yang sejak awal mengikuti JIS turut mengungkapkan rasa senang dan bangganya terhadap JIS, seperti yang kita ketahui bersama bahwa JIS 100% buatan anak negeri.

“Jakarta Internasional Stadium atau JIS Kini RESMI ditunjuk Oleh FIFA Menjadi VENUE PIALA U-17.. FIFA Jatuh Cinta Melihat Jakarta Internasional Stadium atau JIS Hasil Karya Anak Bangsa..Kita Patut Bangga Sebab Banyak Anak -Anak Bangsa yg Mampu Bersaing di Mata Dunia Internasional,” tulis akun @Yurissa_Samosir, sembari membagikan video pernyataan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir yang mengumumkan keputusan FIFA, dikutip Rabu (9/8/2023).

Sebelumnya diberitakan, Jakarta International Stadium (JIS) merupakan satu dari 10 stadion termegah di dunia. Stadion modern itu terwujud setelah menunggu 13 tahun lamanya. Stadion tersebut dibangun untuk menggantikan Stadion Lebak Bulus yang dibongkar untuk depo MRT. Itu satu dari sekian banyak legacy Anies Baswedan.

JIS mampu menampung 82 ribu penonton. Salah satu stadion terbesar setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sempat jadi polemik saat Sekjen PSSI Yunus Nusi sempat menyatakan bahwa stadion yang dibangun dengan anggaran Rp4 triliun itu tak memenuhi standar FIFA. Belakangan Yunus meralat pernyataannya dan mengakui bahwa JIS memenuhi standar FIFA.

Kenyataannya memang demikian. Stadion itu merupakan bangunan ramah lingkungan. Mendapatkan sertifikat platinum grade.

Bersertifikasi hijau level platinum grade pertama berdasar penilaian sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI). Stadion itu memiliki instalasi khusus untuk konservasi air. Material yang digunakan adalah ramah lingkungan dan atapnya memiliki 1.080 unit panel surya.

Selain itu, atap JIS yang bisa buka tutup menjadi keunikan tersendiri sehingga stadion dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, baik dalam kondisi terik maupun hujan. Kursi yang digunakan juga unik karena sisi dan kemiringan yang beda, yakni vertikal, curam lebih landai.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *