Koalisi Prabowo Makin “Gemuk”, Jusuf Kalla: Tak Jamin Menang

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK) menilai, tidak ada jaminan bagi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menang dalam Pilpres 2024 hanya karena koalisi partai yang mendukungnya semakin gemuk atau bertambah.

JK masih ingat betul ketika dia dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak didukung banyak partai saat memenangkan Pilpres 2004.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Tidak ada jaminan. Sama dengan saya waktu 2004, Anda masih ingat, (wartawan) masih SMP mungkin ya, itu kita hanya didukung 11 persen, 4 partai. Tapi menangnya 60 persen. Jadi beda itu. Tidak simetris sama sekali,” ujar Kalla saat ditemui di Markas PMI Pusat, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Jusuf Kalla menyampaikan, hal yang menjadi penentu kemenangan paslon di pemilu yaitu rakyat, bukan partainya. Sebab, rakyat pasti memiliki pilihannya masing-masing terkait partai politik.

“Yang memilih kan rakyat. Partai yang mengusulkan, yang memilih rakyat. Terserah rakyat bagaimana, rakyat ada yang ikut partainya, ada juga yang tidak. Selama ini begitu,” tutur dia.

Lalu, Jusuf Kalla mencontohkan ketika dia maju sebagai capres pada tahun 2009. Saat itu, Kalla menggandeng Wiranto sebagai cawapres.

Jika dihitung-hitung, kata mantan Ketum Golkar ini, jumlah suara yang bisa dia raih seharusnya mencapai 20 persen. Namun, kenyataannya, suara mereka jauh di bawah itu. Pasangan JK-Wiranto kalah di Pilpres 2009.

“Pengalaman saya dengan Pak Wiranto dulu, kalau dihitung-hitung jumlah suara itu lebih 20 persen. Tapi hanya dapat suara 14 persen, tidak simetris, tergantung. Kalau sudah masuk ke pemilu itu, orang tidak lagi melihat partainya, orang melihat tokohnya,” ujar JK.

Koalisi yang mengusung Prabowo sebagai capres semakin gemuk. Awalnya, Prabowo didukung oleh Gerindra dan PKB. Kini, dukungan kepada Prabowo bertambah.

Pada hari Minggu (13/8/2023) kemarin, Golkar dan PAN resmi mendeklarasikan Prabowo sebagai Capres  2024.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *