Raja Dari Segala Doa Itulah Yang Rutin Diamalkan Oleh Nabi SAW Setiap Hari

Bacaan Sayyidul istighfar
Bacaan Sayyidul istighfar
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Rasulullah sendiri telah memberi tauladan kepada umatnya dengan beristighfar minimal sebanyak 70 kali dalam waktu sehari semalam.

Maka sudah selayaknya kita yang penuh akan dosa menjadikan istighfar sebagai amalan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mengenai perintah doa tersebut, Allah berfirman dalam surah Al Mu’minin ayat 60.

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.

Allah berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, pasti akan Aku kabulkan” (QS. Al-Mumin : 60).

Tata Cara berdoa 

Agar doa yang kita panjatkan dapat dikabulkan Allah SWT, maka di dalam berdoa kita harus memperhatikan hal-hal pokok sebelum doa dipanjatkan.

Dikutip dari Buku Elektronik Kumpulan Doa Sehari-hari Kemenag Jatim, berikut tata cara berdoa, waktu yang paling baik untuk berdoa, tempat – tempat yang baik untuk berdoa hingga kumpulan doa sehari hari.

Tata cara berdoa agar Dikabulkan

  1. Menghadap Kiblat

Hal ini berdasarkan sebuah hadis, ” Rasulullah datang ketempat wuquf di Arafah dan ia menghadap kiblat lalu terus menerus berdoa sehingga tenggelam matahari.

  1. Membaca basmalah,Istigfar dan shalawat 

Cara agar doa cepat terkabul yang berikutnya, yakni mulai berdoa dengan memuji Allah SWT melalui membaca zikir dengan ikhlas.

Hal ini karena Allah SWT adalah Tuhan tempat kita meminta, Dialah yang Maha Pemberi, serta Pencipta segala sesuatunya. Jadi, memuji dan memintalah hanya kepada Allah SWT.

Lalu, sebelum mengakhiri doa, hendaknya membaca selawat Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW merupakan nabi terakhir yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan satu-satunya nabi yang dapat memberi pertolongan (syafaat) bagi umat Islam ketika di akhirat, maka kita harus mencintai Nabi Muhammad SAW.

Salah seorang Sahabat Nabi berkata :

” Ketika nabi muhammad Saw duduk di Masjid, tiba-tiba datang seorang laki-laki masuk, lalu ia shalat. Setelah selesai ia membaca doa Allahummaghfirlii warhamnii, maka rasulullah langsung menegur, wahai kawan engkau terburu-buru. Jika engkau shalat duduklah dahulu kemudian bacalah puji-pujian kepada Allah. karena dia yang memiliki pujian itu. Lalu engkau baca shalawat kepadaku kemudian baru berdoa. kemudian datang seorang lain setelah shalat ia memuji Allah dan membaca shalawat untuk nabi Muhammad SAW, dan setelah itu nabi bersabda berodlah akan dipenuhi,”

  1. Memelankan suara dan jangan terburu-buru

Sebaiknya jangan berdoa dengan terburu-buru, lakukanlah dengan khusyuk. Allah SWT berfirman dalam Alquran yang artinya:

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *