Aneh! Kisah Abu Nawas: Mau Diangkat Jadi Hakim, Abu Nawas Malah Lempar-Lempar Pasir

Abu Nawas Mau Diangkat Jadi Hakim
Abu Nawas Mau Diangkat Jadi Hakim
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idAbu Nawas selalu bertingkah aneh. Misalnya dalam kisah Abu Nawas menipu utusan raja. Dikisahkan bahwa pada suatu hari utusan raja mendatangi Abu Nawas.

Kerajaan ingin Abu Nawas datang ke istana. Mereka ingin bertanya mengapa Abu Nawas menolak perintah raja ketika hendak diangkat menjadi qadi atau hakim.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Hai Abu Nawas, kau dipanggil Baginda Raja untuk menghadap ke istana,” kata Wazir utusan pihak kerajaan seperti dilansir nu.or.id.

“Buat apa Baginda Raja memanggilku? Aku tidak ada keperluan dengannya,” jawab Abu Nawas dengan nada santai.

“Hai Abu Nawas, kau tidak boleh berkata seperti itu kepada Baginda Raja,” tegas Wazir.

“Hai Wazir, kau jangan banyak cakap. Cepat ambil ini kudaku dan mandikan di sungai supaya bersih dan segar,” ujar Abu Nawas sambil menyodorkan sebatang pohon pisang yang dijadikan kuda-kudaan.

Abu Nawas berkelakuan seperti itu agar dianggap tidak waras sehingga Baginda Raja tidak lagi memaksanya menjadi qadhi. Wazir hanya geleng-geleng kepala melihat kelakuan Abu Nawas.

Abu Nawas, kau mau apa tidak menghadap Baginda Raja?” tanya Wazir memastikan.

“Katakan kepada Baginda Raja, aku sudah tahu maka aku tidak mau,” jawab Abu Nawas.

Wazir kembali bertanya dengan rasa penasaran, “Apa maksudmu, Abu Nawas?”

“Sudah pergi sana, bilang saja begitu kepada Baginda Raja,” tutur Abu Nawas sembari menyaruk debu dan dilempar ke arah wazir beserta teman-temannya.

Wazir segera menyingkir dari halaman rumah Abu Nawas. Mereka laporkan keadaan Abu Nawas yang seperti tidak waras itu kepada Baginda Raja Harun Al Rasyid.

Tapi dengan geram Raja berkata, “Kalian bodoh semua, hanya menghadapkan Abu Nawas kemari saja tidak becus! Cepat pergi sana ke rumah Abu Nawas lagi, bawa dia kemari dengan suka rela ataupun terpaksa.”

Wallahu a’lam bisshawab.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *