Demokrasi Akan Terwujud Jika Kekuasaan Berganti

Demokrasi Akan Terwujud Jika Kekuasaan Berganti
Demokrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Agusto Sulistio, Pendiri The Activist Cyber.

Hajinews.id – Terkait demokrasi kita jangan latah menilai keras kepalanya Ibu Megawati terhadap sikap Pak Jokowi, sebagai hal yang tak bermanfaat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bagi penulis justru demokrasi Indonesia kedepan akan tumbuh lebih baik, jika kelak Megawati dalam mengusung Capres 2024 Ganjar Pranowo mengalami kekalahan.

Sebab dengan kekalahannya maka akan muncul sikap Megawati yang akan membawa PDIP kembali ke jalan oposisi.

Dari pengalaman dahulu saat PDIP menjadi oposisi terbukti efektif dan demokrasi cukup baik dibanding dengan sekarang.

Keadaan demokrasi yang ruwet di era Jokowi, dimana hampir semua kekuatan oposisi terfokus ke kuasaan, nantinya akan terbenahi oleh sikap kerasnya Megawati sebagai oposisi. Sehingga oposisinya PDIP nanti mampu menghidupkan check n balance, control terhadap kekuasaan jauh lebih baik dan berjalan efektif.

Untuk atasi dominasi kekuasaan akibat oposisi terfokus pada pemerintah dan berjalannya demokrasi yang lebih baik memang diperlukan perjuangan, dan pengorbanan.

Namun jika sebaliknya yang terjadi, atau kekuasaan Jokowi dan PDIP yang akan kembali berkuasa tentu harapan terwujudnya kontrol yang kuat dan berjalannya demokrasi akan terhambat. Hal itu disebabkan kekuasaan akan semakin dominan ditangan partai dan kekuatan yang sama. Sedangkan kelompok yang diluar pemerintahan akan sulit memposisikan dan memfungsikan dirinya sebagai oposisi. Sehingga yang terjadi adalah bagi bagi kekuasaan dan oposisi akan kembali terfokus atau berkoalisi dengan kekuasaan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *