Bahaya! Tidur Siang Lebih Dari 30 Menit Dapat Menyebabkan Stroke

Tidur Siang Menyebabkan Stroke
Tidur Siang
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Tidur merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan setiap orang saat merasa mengantuk dan lelah.

Secara umum tidur dibagi menjadi dua periode, yaitu tidur siang dan tidur malam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bagi banyak orang, tidur di malam hari adalah waktu tidur yang paling memuaskan, karena waktu tidurnya sedikit lebih lama dibandingkan tidur siang.

Namun apa jadinya jika Anda memperpanjang waktu tidur siang? Jangan lupa bahwa tidur siang juga memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Namun tahukah Anda kalau tidur siang lebih dari 30 menit bisa memicu gangguan jantung?

Dr Furqon menjelaskan dalam laporan di kompas.com bahwa mereka yang tidur siang lebih dari 30 menit mengalami gangguan detak jantung.

“Irama jantung yang normal itu dari suatu struktur di atrium jantung yang namanya sinus, jadi teratur denyutnya,” jelasnya.

Namun, orang yang tidur siang lebih dari 30 menit akan membuat tubuhnya mengalami hal-hal tertentu seperti peradangan atau kurangnya aliran darah ke jantung.

Kondisi ini membuat sel-sel di atrium atau serambi jantung memunculkan sumber denyut masing-masing. Akibatnya, jantung akan berdetak secara tidak teratur.

Orang tersebut kemudian akan mengalami fibrilasi atrium, yaitu gangguan irama jantung yang ditandai dengan denyut jantung tidak beraturan dan cepat.

“Risiko mengalami fibrilasi atrium meningkat signifikan, terutama pada perempuan,” ujar Furqon.

Secara normal, jantung orang dewasa usia 20-35 tahun akan berdetak antara 95-170 kali per menit. Jantung orang usia 35 – 50 akan berdetak 85-155 kali per menit. Sementara kecepatan detak jantung orang berusia di atas 60 tahun antara 80-130 kali per menit.

Jantung yang berdetak kurang atau lebih itu menunjukkan seseorang mengalami gangguan irama jantung.

Lebih lanjut, Furqon menjelaskan bahwa gangguan irama jantung ini terjadi akibat orang yang tidur siangnya lama cenderung memiliki siklus tidur yang tidak teratur.

Orang yang tidur siang lama akan mengganggu jam internal tubuh. Akibatnya, waktu tidur malam akan lebih singkat. Ia juga akan lebih sering bangun di malam hari. “Aktivitas fisiknya lebih sedikit di siang hari,” tambah Furqon.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *