Hikmah Malam: Mata Cermin Hati

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Seseorang jika tidak mampu menundukkan pandangan matanya kepada perkara yang diharamkan, maka hatinya tidak akan tunduk. Hatinya akan terus bergelora, bergemuruh dan meloncat-meloncat untuk melampiaskan keinginan syahwatnya.

Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

جعل الله العين مرآة القلب فإذا غض العبد بصره غض القلب شهوته وإرادته وإذا أطلق بصره أطلق القلب شهوته

“Allah telah menjadikan mata sebagai cermin hati. Maka apabila seorang hamba menundukkan pandangan matanya, maka hatinya juga akan menundukkan syahwat dan keinginannya. Namun jika dia mengumbar pandangan matanya, maka hati pun akan mengumbar syahwatnya.” (Raudhatul Muhibbin 1/92).

Banyak orang yang kuat berpuasa, membaca alquran, shalat malam dan ketaatan-ketaatan lainya namun KO atau TKO untuk menahan diri dari memandang wanita yang bukan mahramnya. Baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Jangankan orang awam atau penuntut ilmu, para ustadz pun tidak sedikit yang tumbang dan terkapar. Tidak terkecuali yang menulis artikel ini.

Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah :

كثير مِن الناس يصبرُ على مكابدة قيام الليل في الحَرِّ ، والبَرْدِ ، وعلى مشقة الصيام ؛ولا يصبر عن نظرة محرّمة ! .عدة الصابرين (٢٨)

“Banyak diantara manusia mampu bersabar menanggung beratnya dalam menjalani shalat malam, baik pada musim panas maupun musim dingin, dan menanggung beratnya berpuasa. Akan tetapi dia tidak mampu bersabar dalam menahan diri dari pandangan yang haram.” (‘lddatu ash-Shabirin (28)).

Semoga Allah Ta’ala mengampuni dan menutupi aib-aib kita semua di dunia dan di akhirat.

AFM

Copas dari berbagai sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *