12 Ciri-Ciri Istri Durhaka Menurut Islam, Cemburu hingga Terlalu Sibuk

Ciri-Ciri Istri Durhaka
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Istri yang baik merupakan anugerah istimewa dari Tuhan kepada seorang suami. Ciri-ciri istri salihah adalah selalu menaati Allah, termasuk melakukan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Istri juga melibatkan Allah dalam segala hal.

Seorang istri tidak hanya harus taat kepada Allah, tetapi juga suaminya. Terkadang ridhanya suami juga merupakan ridhanya Allah. Oleh karena itu penting untuk memahami definisiistri salihah yang mampu mendatangkan surga bagi dirinya, suami, dan keluarganya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Agar tidak melakukan dosa-dosa tersebut, ada baiknya mengetahui Ciri-Ciri dianggap istri durhaka. Beberapa bentuk dosa ini seringkali tidak disadari.

Berikut rangkuman 12 Ciri-Ciri Istri Durhaka yang dianggap perlu diketahui oleh seorang istri.

1. Keluar rumah atau pergi tanpa izin dari suami

Ciri istri durhaka menurut Islam yang pertama ialah keluar rumah atau pergi tanpa seizin suami. Istri yang keluar rumah tanpa mendapat izin dari suaminya, maka setiap langkahnya dilaknat oleh para malaikat.

Hukum dari keluar rumah atau pergi tanpa seizin dari suami ialah haram. Salah satu alasan yang membuatnya haram karena meninggalkan suami mengarah pada terjadinya perceraian.

2. Menuntut kesempurnaan dalam rumah tangga

Layaknya manusia, tidak ada rumah tangga yang sempurna di dunia ini. Selalu ada perdebatan di rumah tangga, baik kecil maupun besar. Rumah tangga pun tidak akan semulus seperti kisah cinta di film-film atau novel-novel.

Seorang istri yang menuntut kesempurnaan dalam rumah tangga bisa dibilang ia menunjukkan ciri istri yang durhaka. Itu artinya ia tidak bisa menerima kekurangan rumah tangganya, apalagi saat ada selisih.

Ia pun seolah tidak bisa menerima kekurangan suaminya sebagai manusia biasa.

3. Mengingkari segala bentuk kebaikan suami

Seorang perempuan yang kufur nikmat atas kebaikan suami juga menjadi salah satu ciri istri yang durhaka. Pasalnya, itu merupakan perbuatan yang tidak menunjukkan rasa terima kasih atas kerja keras suami yang telah memberikan hal-hal baik, misalnya seperti gaji.

Istri yang diberi nafkah kemudian merasa tidak puas dengan nominal yang diberikan, maka sudah menunjukkan bahwa dirinya tidak bersyukur atas nikmat Allah yang dianugerahkan melalui suami.

4. Mengungkit kebaikan yang pernah dilakukan

Sebagai seorang istri, ada banyak kebaikan yang bisa dilakukan. Mulai dari menjaga rumah tangga, memelihara anak-anak dan keluarganya, taat kepada suami, dan lain sebagainya.

Namun, ketika kebaikan itu diungkit-ungkit seakan-akan harus dibalas, itu menunjukkan tindakan istri yang durhaka. Seorang yang melakukan kebaikan seharusnya tidak mengharap imbalan yang lebih, sehingga keikhlasan bisa tercapai.

5. Cemburu yang berlebihan terhadap suami

Cemburu memanglah sifat yang lumrah, terutama pada kaum perempuan. Satu hal yang dilupakan perempuan, yakni cemburu harus berdasar atau memiliki alasan yang kuat.

Akan jadi berlebihan apabila istri terlampau cemburu, sehingga menjadikan suami terkekang. Di zaman sekarang, tindakan ini disebut dengan overprotektif, yakni cemburu buta yang biasanya tidak memiliki alasan logis dan hanya berasal dari suuzan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *