Ketumbar, Si Biji Rempah Yang Kaya Akan Khasiat 

khasiat Ketumbar
Ketumbar
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Khasiat rempah-rempah merupakan fakta yang tidak bisa dipungkiri dan menjadi bagian dari dunia medis di tanah air.

Ketumbar, atau “katuncar” sebagaimana orang Sunda menyebutnya, merupakan salah satu rempah-rempah Indonesia yang paling terkenal.

Di Indonesia, biji ketumbar paling dikenal sebagai bumbu kuliner. Aroma penyembuhan yang terkandung dalam biji ketumbar membuat masakan menjadi nikmat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ketumbar (Coriandrum Sativum) merupakan tanaman rempah yang populer di Indonesia. Buahnya berukuran kecil dan biasanya dikeringkan sebelum diolah.

Di pasaran, ketumbar biasanya dijual dalam bentuk biji atau ekstrak yang dihaluskan.

Ketumbar tidak hanya menjadi bumbu makanan, tetapi juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Seringkali daun ketumbar dicampur dengan vanilla atau sejenis teh herbal sebelum disajikan.

Ketumbar dianggap sebagai ramuan padat nutrisi. Meski ukurannya kecil, tanaman ini memiliki banyak khasiat, mulai dari mengobati pilek dan batuk hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Kandungan zat bermanfaat dalam biji ketumbar di antaranya Antioksidan, Vitamin C, Vitamin K, Protein, Kalsium, Fosfor, Potasium dan Tiamin.Senyawa Flavonoid yang terkandung dalam biji ketumbar memiki dampak  menguntungkan sebagai antihipertensi dan deuretik.Ketumbar juga bisa diracik untuk obat luar dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala, dengan cara dioles kebagian yang sakit.

Beberapa khasiat biji ketumbar yang sudah banyak diketahui di antaranya, menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, untuk kesehatan jantung, melindungi kesehatan otak, meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus, melawan infeksi dan bermanfaat juga untuk kesehatan kulit dan rambut.

Tak hanya itu, khasiat ketumbar juga secara khusus bisa dirasakan kaum wanita, di antaranya melancarkan siklus menstruasi dan mengatasi masalah kesuburan, seperti PCOS (polysistic ovarian syndrome),  mencegah anemia, mencegah penuaan dini pada kulit, membuat rambut lebih bercahaya dan lembut, mencegah dan memperlambat kanker payudara, meredakan kecemasan dan menurunkan kolesterol serta  menurunkan gula darah.

Bagaimana cara meraciknya?

Untuk mengonsumsi ketumbar, bisa menggunakannya dengan dua cara. Pertama dengan memasukkan ketumbar ke dalam makanan. Kedua, dengan membuat teh ketumbar.

Banyak  referensi mengungkap cara pemanfaatan ketumbar ini sebagai salah satu tanaman obat.

Air rebusan  ketumbar secara aman dikonsumsi sebagai jamu atau minuman herbal untuk memelihara kesehatan tubuh.

Namun bukan berarti minuman herbal tidak memiliki efek samping, terutama jika sedang mengkonsumsi obat diabetes yang dapat menurunkan gula darah.

Jika dikonsumsi bersamaan dengan air ketumbar, bisa beresiko menyebabkan penurunan kadar gula darah secara drastis (hipoglikemia).

Selamat mencoba,

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *