Berdoalah Agar Terhindar Dari Utang, Amalkanlah Setiap Hari, Agar Hidup Selalu Berkecukupan

Berdoalah Agar Terhindar Dari Utang
Berdoalah Agar Terhindar Dari Utang
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ada doa yang harus dibaca dan diamalkan secara rutin agar terhindar dari utang. Sejatinya utang yang tak terbayar bakal dibawa ke akhirat. Naudzubillah.

Islam membolehkan hutang dan piutang asalkan tidak mengandung unsur riba. Meminjam uang atau barang sah diperbolehkan, namun peminjam wajib mengembalikannya secara penuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Seperti hadis Nabi SAW. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, Nabi SAW bersabda,

“Siapa saja yang meminjam harta orang lain dengan niat mengembalikannya, niscaya Allah akan melunasi utangnya. Siapa yang meminjam harta orang lain untuk dia habiskan maka Allah akan memusnahkannya.” (HR. Bukhari dan Ibn Majah)

Dalam hadits lain dijelaskan bahwa utang adalah perkara yang terjadi di dunia namun akibatnya akan dibawa sampai akhirat.

Abdullah bin Umar Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda,

من مات وعليه دَينٌ ، فليس ثم دينارٌ ولا درهمٌ ، ولكنها الحسناتُ والسيئاتُ

“Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih punya utang, maka kelak (di hari kiamat) tidak ada dinar dan dirham untuk melunasinya. Namun yang ada hanyalah kebaikan atau keburukan (untuk melunasinya)” (HR. Ibnu Majah no. 2414, disahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no. 437).

Senada dengan hadits Abu Hurairah Ra., Rasulullah SAW bersabda,

نفس المؤمن مُعَلّقة بدَيْنِه حتى يُقْضى عنه

“Ruh seorang mukmin (yang sudah meninggal) terkatung-katung karena utangnya sampai hutangnya dilunasi” (HR. At Tirmidzi no. 1079, ia berkata, “(Hadits) hasan”, disahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi).

Deretan hadits tersebut menegaskan bahwa orang yang memiliki utang wajib melunasinya. Jika ternyata seseorang masih memiliki utang dan ajalnya telah tiba, maka keluarganya lah yang memiliki kewajiban untuk melunasi utangnya.

Doa Agar Terhindar dari Utang

Mengutip buku Ada Orang Utang oleh Ammi Nur Baits, dijelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa agar dijauhkan dari utang. Doa ini juga bisa dipanjatkan agar dimudahkan membayar utang.

Doa Agar Selalu Merasa Dicukupkan

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Arab-latin: Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, war agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.”

Artinya: “Ya Allah cukupkan lah aku dengan yang halal dan jauhkan lah aku dari yang haram, dan cukupkan lah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.”

Dari Ali bin Abi Thalib, bahwa ada seorang budak mukatab yang mendatangi beliau. Budak ini mengatakan: Saya tidak mampu melunasi cicilan tanggungan untuk membebaskan diriku, karena itu bantulah aku. Ali pun mengatakan: “Maukah saya ajarkan beberapa kalimat yang pernah diajarkan Rasulullah SAW, Andaikan engkau memiliki utang sebesar gunung Tsabir, maka Allah akan membantu

melunasinya. Bacalah: Allahummak finii bi balaalika…dst.” (HR. Ahmad no. 1318 dan Turmudzi no. 3563)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *