Khasiat Kayu Manis, Pengendalian Diabetes Hingga Pereda Nyeri

Khasiat Kayu Manis
Kayu Manis
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Salah satu khasiat kayu manis yang semakin dikenal masyarakat umum adalah menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Berbagai temuan dan hipotesis mengenai mekanisme kerjanya telah dipelajari. Diantaranya, kayu manis akan bertindak sebagai peniru insulin dan pemeka insulin. Peniruan insulin mengacu pada aktivitas yang meniru kerja hormon insulin. Artinya, penyerapan gula ke dalam jaringan manusia dengan mengaktifkan berbagai sinyal protein, mempengaruhi ekspresi gen dan pengaturan proses metabolisme. Sedangkan sensitivitas insulin menunjukkan bagaimana sel-sel tubuh merespons insulin. Sensitivitas yang tinggi berarti sel-sel dalam tubuh dapat menggunakan gula darah dengan lebih efisien, sehingga menurunkan kadar gula darah.

Pengujian aktivitas antidiabetes kayu manis memberikan wawasan tentang kemungkinan mekanisme untuk mengurangi resistensi insulin. Jika daya tahannya menurun berarti sel otot, jaringan lemak, dan hati bereaksi lebih baik dan mampu menyerap glukosa dari darah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Antiradang

Dalam sebuah artikel ilmiah, peneliti Iran mengungkap khasiat kayu manis dalam mengatasi nyeri tulang dan sendi. Orang India juga tampaknya menggunakan kulit kayu manis Ceylon dalam pengobatan tradisional Ayurveda untuk mengobati berbagai kondisi peradangan dan nyeri. Kemanjuran ini ditunjukkan pada hewan laboratorium yang menderita peradangan, nyeri tulang, dan tekanan sistem kekebalan. Hasil penelitian tersebut digunakan untuk mengevaluasi lebih lanjut peran senyawa polifenol sebagai agen antiinflamasi.

Memang masih jauh dari pembuktian keefektifan kayu manis. Namun, sebagai pengganti obat kimia, kayu manis memiliki prospek yang menjanjikan untuk dikembangkan sebagai obat penghilang rasa sakit. Dengan demikian, efek samping akibat penggunaan obat pereda nyeri modern bisa dikurangi. (*)

MEMBUAT TEH CINNAMON (TEH KAYU MANIS)

BAHAN:

  • 4 cangkir air
  • 1 batang kayu manis kurang lebih 15 cm
  • 1 sendok makan madu
  • ¼ irisan jeruk nipis

PEMBUATAN:

  • Cuci bersih kayu manis, lantas patahkan menjadi tiga bagian.
  • Masukkan ke dalam air dan panaskan dengan api sedang hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, kecilkan api, lanjutkan pemanasan selama 10 menit.
  • Saring rebusan tersebut.
  • Tambahkan madu dan perasan jeruk nipis hingga mendapatkan rasa yang disukai.
  • Siap dihidangkan dalam cangkir.

DOSIS

Penggunaan untuk pengobatan belum baku.

Beberapa ahli menyarankan 2–4 gram per hari, yaitu sekitar ½–1 sendok teh. Karena mengandung senyawa yang berpotensi beracun, tidak disarankan mengonsumsi kayu manis dalam dosis tinggi.

*) Prof Dr Apt Mangestuti Agil MS, Guru Besar Botani Farmasi dan Farmakognosi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga

YouTube: Kanal Kesehatan Prof Mangestuti

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *