Olahraga Lari Sangat Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Olahraga Lari
Olahraga Lari
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kualitas udara yang buruk dapat membahayakan kesehatan paru-paru.

Untungnya, ada cara ideal untuk membuat paru-paru Anda lebih sehat. Selain mengonsumsi makanan bergizi, aktivitas fisik rutin seperti lari juga merupakan hal yang tepat untuk dilakukan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut laman Livestrong, olahraga lari adalah salah satu cara terbaik untuk membuat paru-paru lebih bersih, kuat, dan efisien. Berikut beberapa alasannya.

Manfaat olahraga lari bagi kesehatan paru-paru

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa orang yang jogging atau Olahraga Lari selama 5 hingga 10 menit sehari akan hidup lebih lama.

Manfaat ini dikaitkan dengan fungsi organ yang lebih kuat seperti tulang, otot, jantung, penurunan berat badan, dan paru-paru yang lebih sehat.

Jantung dan paru-paru adalah dua organ utama yang menjadi bahan bakar tubuh kita saat kita Olahraga Lari. Organ ini berperan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, yang selanjutnya menghilangkan karbon dioksida.

Proses pengeluaran karbon dioksida dari dalam tubuh terjadi ketika kita menarik dan membuang napas lebih cepat. Dengan memulai rutinitas lari minimal 30 menit lima hari dalam seminggu, Anda dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, mengurangi sesak napas, dan membangun daya tahan tubuh.

Membuat paru-paru jadi lebih efisien

Olahraga Lari juga membantu paru-paru bekerja lebih efisien, karena jantung memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Namun manfaat tersebut mungkin tidak langsung terasa. Tubuh yang terbiasa Olahraga Lari dan membangun kekuatan fisik memerlukan proses.

Secara tidak langsung, melalui daya tahan yang terbentuk ini, kita mampu berlari dengan pernapasan yang lebih konsisten dan efisien.

Membersihkan paru-paru dengan udara segar

Singkatnya, Olahraga Lari dapat membantu membersihkan paru-paru Anda dari udara segar yang Anda hirup dari alam.

Sayangnya, manfaat tersebut hanya bisa dirasakan saat berkendara di lingkungan dengan udara bersih.

Polusi udara dapat berdampak besar pada kesehatan paru-paru, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di The Lancet pada Mei 2019.

Berbagai penyakit penyerta juga meliputi penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma, dan penyakit pernapasan lainnya.

Bagi yang suka lari, sebaiknya kita Olahraga Lari di tempat terbuka dengan udara segar di waktu yang tepat, seperti lari di hutan kota pada pagi hari atau lari di cagar alam yang pepohonannya rimbun. Sementara itu, berlari di atas treadmill bisa menjadi pilihan bagi mereka yang peduli dengan polusi udara sekitar.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *