Hikmah Siang: Dua Ujian yang Akan Allah Ta’ala Timpakan Kepada Manusia

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hidup adalah perpindahan dari satu ujian menuju ujian lainnya. Siapa yang lulus dari satu ujian dia akan diuji dengan ujian lainnya. Dan, yang namanya ujian ini tidak harus selalu tampak pahit lagi tidak mengenakan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

وَلَـنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَـوْفِ وَا لْجُـوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَ مْوَا لِ وَا لْاَ نْفُسِ وَا لثَّمَرٰتِ ۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ
wa lanabluwannakum bisyai-im minal-khoufi wal-juu’i wa naqshim minal-amwaali wal-angfusi was-samaroot, wa basysyirish-shoobiriin

“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 155)

Adakalanya ujian yang Allah berikan tampak manis lagi nikmat dirasakan. Di antara contohnya adalah ujian kesehatan, kelapangan, ketampanan, keterkenalan, kekayaan, dan hal-hal yang disukai oleh nafsu.

Maka, ada perkataan dari Abdul Malik bin Ishaq rahimahullâh yang sangat relevan dengan hal ini. Beliau berujar:

مَا مِنَ النَّاسِ إِلَّا مُبْتَلًى بِعَافِيَةٍ لِيَنْظُرَ كَيْفَ شُكْرُهُ؟ وَيَبْتَلِيهِ لِيَنْظُرَ كَيْفَ صَبْرُهُ

“Tiada dari manusia kecuali pasti diuji dengan kesehatan agar Allah melihat bagaimana syukurnya. Atau, manusia diuji dengan bencana agar Allah melihat bagaimana sabarnya.” (Uddah As-Sâbirîn)

Artinya, setiap jenis ujian ada tujuan dan maksudnya. Saat diuji dengan kelapangan dan kemudahan, Allah ingin agar kita mendekat kepada-Nya dengan kesyukuran.

Adapun saat diuji dengan kepahitan dan kesedihan, Allah ingin agar kita mendekat kepada-Nya dengan kesabaran.

Team Tasdiqul Quran

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *